Pentingnya Air Mineral untuk Puasa Sehat Selama Pandemi

image article

Pola hidup sehat menjadi salah satu keyword yang paling banyak dicari selama kurang lebih satu tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh situasi pandemi yang belum kunjung usai. Nah, memasuki bulan Ramadan di mana umat Muslim menjalankan ibadah puasa, saatnya gaya hidup sehat semakin digencarkan agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Kegiatan berpuasa sendiri dianggap baik untuk tubuh karena melancarkan proses detoksifikasi dan regenerasi sel-sel sistem kekebalan tubuh, serta membantu menurunkan berat badan. Itulah sebabnya, momen ini sangat pas untuk mengoptimalkan pola hidup sehat.

Bicara pola hidup sehat, komponen penting yang sederhana tapi sering terlupa adalah air mineral. Padahal, sebagai makhluk hidup yang 60-70% terdiri dari air, memenuhi kebutuhan hidrasi adalah wajib hukumnya kalau ingin hidup sehat. Secara umum, kita perlu minum air sekitar 2 liter per hari, dan bahkan lebih banyak saat kita mengalami kondisi khusus seperti hamil, menyusui, banyak berolahraga, atau terkena penyakit diare.

Namun ingat, jarang sembarang memilih air mineral. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492 Tahun 2010, air mineral berkualitas harus lulus uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan memenuhi tiga syarat: Fisik, Kimiawi, dan Mikrobiologi, yang berarti air mineral harus tidak berwarna, berbau, dan berasa, serta tidak mengandung zat kimia atau bakteri yang berbahaya. Maka dari itu, pilih VIT yang telah melalui proses filtrasi dan pengemasan menggunakan teknologi serta pengawasan mutu yang ketat.

Untuk memenuhi kebutuhan hidrasi selama puasa, kamu dapat minum dua gelas atau 1 VIT botol sedang masing-masing saat berbuka, sebelum tidur,  setelah bangun, dan ketika sahur.

Sekarang, mari kita bahas pentingnya peran air mineral dalam pola hidup sehat, ini dia:

  1. Menekan kandungan kolesterol dari makanan
    Saat berbuka, kita sering tergoda untuk banyak makan gorengan yang notabene mengandung banyak kolesterol. Banyak minum air dapat menekan kandungan kolesterol. Tentunya, kamu pun jangan terlalu banyak makan gorengan, ya. Yuk, ganti dengan makan-makanan segar serta sayur dan buah-buahan. 

  2. Mengganti cairan tubuh ketika olahraga
    Puasa bukan berarti kamu jadi malas-malasan, lho. Olahraga tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran metabolisme tubuh. Berolahragalah 30 menit menjelang buka, atau tiga jam setelah buka. Dan untuk menggantikan cairan yang hilang ketika berkeringat, tentunya kamu perlu minum VIT agar tubuh tetap terhidrasi. 

  3. Menghindarkan tubuh dari bahaya dehidrasi
    Jangan anggap remeh dehidrasi, karena jika kamu mengalami dehidrasi parah, organ-organ seperti ginjal akan terganggu dan bahkan jika tidak ditangani secara serius dapat berakibat fatal. Sedia selalu VIT di rumah kamu, ya. Kamu bisa mendapatkan VIT dengan harga yang pas di dompet di toko-toko atau e-commerce andalan.

  4. Melancarkan proses pencernaan
    Sistem pencernaan yang terganggu dapat mengakibatkan suasana hati yang buruk, tidak bersemangat, serta mudah lesu dan cemas. Untuk itu, penuhi asupan air kamu dengan VIT. Dengan minum air mineral yang cukup, pencernaanmu akan menjadi lancar, dan terhindar dari penyakit seperti sembelit.

Sepenting itulah air mineral dalam pola hidup sehat yang ingin kamu jalani. Jadi, jangan sampai kamu kehabisan stok VIT di rumah kamu, ya!


Sumber Tambahan:

Copyright © VIT 2020 All Rights Reserved