Jangan Sampai Lengah! Jaga Terus Kondisi Tubuh dengan Pola Hidup Sehat Berikut Ini

image article

Ternyata di bulan Ramadan tahun 2021 ini, situasi pandemi masih belum usai. Kita harus menjalani ibadah puasa di tengah pandemi untuk yang kedua kalinya. Ini berarti, kita masih belum bisa buka bareng bersama teman, keluarga besar dan masih harus disiplin menerapkan protokol kesehatan. Hmmm, tetep semangat, teman-teman!

Oleh karena itu, penting banget buat kita tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Toh, puasa sendiri memang pada dasarnya merupakan kegiatan menyehatkan. Sehingga sebenarnya tidak sulit, kok, untuk menerapkan pola hidup sehat setiap harinya. Bagaimana caranya? Yuk, kita simak!

  1. Memenuhi Kebutuhan Hidrasi Tubuh
    Ini penting, nih! Kamu pasti sering dengar, kan, bahwa manusia masih lebih bisa bertahan hidup tanpa makanan dibanding tanpa air. Hal ini disebabkan oleh tubuh manusia yang 60-70%-nya terdiri dari air. Terlebih di momen puasa, tubuh membutuhkan pengganti mineral yang hilang selama siang hari, yang tentu bisa didapat dari air mineral.

    Jadi, agar semakin menerapkan pola hidup sehat, alangkah baiknya jika kita mengonsumsi air mineral berkualitas selama puasa. Pilih VIT air mineral, yang telah teruji kualitasnya selama 48 tahun di Indonesia. VIT telah memiliki sertifikat BPOM dan SNI, karena telah lolos uji  Fisik, Kimiawi, dan Mikrobiologi sebagai air mineral berkualitas. Tidak heran, sih, soalnya VIT menerapkan proses filtrasi dan pengemasan menggunakan teknologi serta pengawasan mutu yang ketat.

    Memenuhi kebutuhan hidrasi akan membantu menyehatkan proses pencernaan, memperbaiki mood sehari-hari, membantu penurunan kalori, hingga mengurangi risiko kenaikan berat badan.

  2. Mengonsumsi Makanan dengan Porsi dan Gizi yang Seimbang
    Setelah menahan haus dan lapar di siang hari, sudah sewajarnya jika waktu buka puasa adalah waktu yang dinanti-nanti. Namun, seringkali kita langsung “khilaf” saat berbuka dengan makan sebanyak-banyaknya. Padahal, makan dengan porsi besar setelah perut cukup lama “kosong” tidak termasuk ke dalam aturan pola hidup sehat, dan malah dapat berakibat buruk seperti perut kembung, badan seketika lesu, hingga kemungkinan terjadinya peradangan perut.

    Selain itu, kita juga perlu memerhatikan kandungan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Sebaiknya gizi dari setiap kelompok makanan tersedia dengan seimbang, mulai dari daging, sayuran, dan buah-buahan. Untuk karbohidrat, pilih makanan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah karena mengandung serat yang membantu proses pencernaan. Jangan pula terlalu banyak makan gula, dan pilih makanan dengan gula alami seperti kurma.

  3. Cukup Istirahat
    Syarat pola hidup sehat ketiga adalah tidur yang cukup dan teratur. Jangan sampai, deh, tidurmu tidak teratur dan melewatkan sahur. Tapi, jangan juga membiasakan begadang sampai sahur karena itu juga tidak sehat. Sebaiknya kamu tidur lebih awal untuk durasi sekitar 7 jam hingga sahur.

    Kurang tidur akan membuat kondisi tubuhmu melemah dan rentan terhadap penyakit. Kamu juga akan merasa lemas, mengantuk, dan sulit berkonsentrasi di siang hari.

    Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, untuk mendapat manfaat istirahat secara optimal, imbangi waktu tidurmu dengan minum VIT, yakni satu VIT botol sedang atau 2 gelas VIT air mineral masing-masing sesudah bangun (sebelum sahur), sebelum tidur dan juga ketika berbuka dan sahur agar kebutuhan 2 liter hidrasi harianmu terpenuhi.

  4. Tetap Berolahraga di Waktu yang Tepat
    Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki atau jogging, yoga, atau bersepeda di waktu yang tepat, seperti 30 menit menjelang berbuka, atau 3 jam setelah makan buka puasa. Dengan menerapkan pola hidup sehat ini, proses metabolisme tubuh akan tetap terjaga.

    Tentu kamu harus ingat, setelah berolahraga, langsung gantikan cairan yang hilang dengan air minum VIT. Jangan sampai kamu malah terkena dehidrasi.  

Itu dia empat tips menjalankan pola hidup sehat selama berpuasa. Dari keempat poin di atas, terlihat, bukan, betapa pentingnya peran air mineral yang berkualitas? Maka dari itu, sedia terus VIT di rumah. VIT bisa dengan mudah didapatkan di supermarket, minimarket, atau e-commerce andalan kamu. Harganya pun pas di dompet. Selamat berpuasa!


Sumber Tambahan: