Pentingnya Pola Hidup Sehat Selama Pandemi. Ga Susah, Kok!

image article

Menghadapi situasi pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung selama satu tahun ini, semakin banyak orang yang mulai mempraktikkan pola hidup sehat. Namun, masih banyak pula yang menganggap pola hidup sehat itu butuh biaya yang besar atau rutinitas yang ribet. Memang, sih, memulai sesuatu yang baru dan menyehatkan kadang terasa berat, namun sebenarnya, tidak sesulit itu, lho!

Kenyataannya, kamu bisa memulai langkah-langkah awal pola hidup sehat sejak dari rumah. Melalui serangkaian kegiatan sederhana, kamu dapat menjaga badan tetap fit sepanjang hari. Bahkan, kalau kamu cara yang tepat, kegiatan ini malah bisa menjadi proses yang menyenangkan. Apa aja caranya? Ini dia:

  1. Belajar mengurangi beban pikiran untuk menghindari stres.
    Wacana tentang pentingnya menjaga kesehatan mental kini sedang banyak dibicarakan. Bukan tanpa alasan, kesehatan mental memang menjadi faktor penting dalam pola hidup sehat. Jika kamu mengalami stres atau depresi, tidak hanya pikiran, fisikmu pun ikut terganggu dan pada akhirnya kualitas hidupmu secara keseluruhan akan menurun.

    Kesehatan mental juga semakin menjadi sorotan terlebih di situasi Work From Home (WFH) sekarang ini. Beberapa orang menjadi sulit membagi rutinitas hidup, sehingga malah tertekan oleh kegiatan yang bertumpuk. Adapun mereka yang harus beraktivitas di luar, situasi seperti macet atau dikejar deadline acapkali membebani pikiran.

    Nah, apabila kamu mengalami hal-hal tersebut. Biasakan melakukan hal simpel ini: tarik nafas dalam-dalam, tahan sebentar, lalu hembuskan perlahan. Ulangi beberapa kali sampai kamu merasa lebih tenang.

    Dari situ, kamu bisa mulai membagi-bagi waktumu lebih jelas, melakukan hal bermanfaat yang kamu suka seperti membaca buku, belajar skill baru, atau bermain dengan hewan peliharaan. Pokoknya, bikin diri kamu senyaman mungkin!

  2. Tidur dan beristirahat yang cukup.
    Satu lagi yang banyak menjadi keluhan semasa pandemi ini adalah jadwal tidur yang berantakan. Hal ini disebabkan banyak faktor, mulai dari kegiatan yang menumpuk, hingga pikiran yang kacau. Ini tentu tidak baik bagi kesehatan.

    Waktunya mengatur kembali jam istirahatmu! Awali dengan membagi jadwal rutinitas dengan jelas. Ketika sudah masuk ke jam istirahat, sudahi beraktivitas yang berat dan mulai melakukan hal-hal yang ringan dan menyenangkan sampai terasa ngantuk dan ingin tidur. Ingat, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah sekitar 7-9 jam per malam. Dengan tidur yang cukup, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat seperti badan yang fokus dan berenergi keesokan harinya, hingga sistem kekebalan tubuh yang optimal. Jadi, jaga terus jam tidur kamu, ya!

  3. Jaga menu makanan.
    Ngomongin makanan dan pola hidup sehat itu ga melulu soal menu makanan mahal dan sehat. Pada prinsipnya, kamu perlu menjaga keseimbangan gizi yang dikonsumsi, yakni karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik.

    Sesekali, kamu bisa mengganti makanan pokok dari nasi menjadi karbohidrat lain seperti jagung, ubi, atau kentang. Kurangi mengonsumsi makanan dengan cara digoreng dan mulai berganti ke cara mengolah yang lebih sehat, seperti ditumis, dikukus, atau direbus. Perhatikan juga jam dan porsi makan kamu, jangan sampai kelebihan atau kekurangan. Terakhir jika perlu, lengkapi nutrisi kamu dengan suplemen atau vitamin.

  4. Rajin berolahraga.
    Mirip seperti makanan diatas, berolahraga di sini tidak harus mahal atau pergi ke gym. Kamu dapat melakukan olahraga di rumah seperti senam, yoga, atau jogging. Pilih olahraga yang kamu suka karena pada intinya, usahakan badan kamu terus bergerak setiap hari.

    Mengapa? Karena dengan begitu tubuh akan membakar kalori yang tertimbun, serta mengalirkan oksigen lebih lancar ke sel-sel tubuh. Akibatnya, kamu akan merasa lebih segar dan produktif setiap harinya. Nggak percaya? Ayo, buktikan sendiri!

  5. Banyak minum air.
    Ini dia tips pola hidup sehat yang sepertinya paling mudah dilakukan. Buat kamu yang banyak beraktivitas di rumah maupun di luar, minum air yang rutin menghindari kamu dari dehidrasi, serta baik untuk jantung, pencernaan, tulang, dan imun tubuh. Kandungan-kandungan baik dari air mineral, seperti magnesium dan selenium, mampu menjaga fungsi tubuh tetap optimal.

    Masih bingung memilih air mineral untuk dikonsumsi? Jangan sembarangan pilih. Pastikan air minum kamu memenuhi standar kesehatan, tidak mengandung zat-zat atau bakteri berbahaya bagi tubuh. Salah satu air minum yang baik dikonsumsi adalah VIT, air mineral yang sudah ada di Indonesia sejak 48 tahun yang lalu. Air mineral VIT sudah melalui berbagai macam proses produksi salah satunya melakukan proses penyaringan ganda dan telah memiliki berbagai sertifikasi seperti sertifikat Halal dan SNI, sehingga VIT aman untuk dikonsumsi oleh tubuh.

Itu dia tips pola hidup sehat yang bisa kamu lakukan dari rumah. Mudah, bukan? Yuk, pelan-pelan mulai dipraktikkan setiap harinya. Semoga teman-teman selalu sehat, ya!

Sumber: