Cegah Stress dan Burnout, Berikut Alasan dan Tips Menjalankan Work Life Balance!

image article

Menuju penghujung tahun biasanya porsi bekerja malah makin bertambah. Ada yang harus bikin laporan tahunan atau mengambil waktu tambahan pekerjaan agar selesai sebelum libur sehingga dapat liburan dengan nyaman. Eits, tapi jangan berlebihan, ya! Jangan sampai kamu stress dan burnout karena terlalu banyak bekerja.

Kondisi 1,5 tahun belakangan yang mewajibkan kita untuk bekerja dari rumah atau work from home semakin mengaburkan batasan antara kehidupan pekerjaan dan kehidupan pribadi. Seringkali juga work from home membuat jam kerja kita tidak terkelola dengan baik. Waktu yang bisa dihabiskan untuk menjalani kehidupan pribadi malah dipakai untuk bekerja dan begitupun sebaliknya. Ditambah lagi tuntutan untuk lebih produktif karena merasa lebih memiliki banyak waktu luang dibandingkan saat bekerja di kantor.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard Business School, sekitar 94% pekerja profesional bekerja lebih dari 50 jam per minggu yang berarti sudah melebihi jam kerja per hari sebagaimana mestinya. Budaya bekerja yang tidak sehat ini akhirnya berdampak pada stress yang menumpuk dan berakhir menjadi burnout.

Burnout sendiri merupakan istilah untuk menggambarkan kondisi dimana kamu merasa lelah, bosan, dan kehilangan motivasi untuk mengerjakan pekerjaan maupun hal yang kamu suka. Kondisi burnout yang dibiarkan bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental yang tentunya akan mempengaruhi kesehatan fisik kamu juga. Burnout juga bisa menyebabkan energi dan produktivitas kamu menurun sehingga suasana hati kamu ikut menurun yang juga dapat membuat daya tahan tubuh kamu semakin lemah dan rentan terhadap penyakit.

Pentingnya Menjaga Work Life Balance

Apapun yang berlebihan memang tidak baik, termasuk bekerja. Jika kamu tidak memiliki work life balance, kamu memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami peningkatan stress yang akan berdampak pada tubuh yang mudah lelah dan imunitas yang ikut menurun. Bekerja boleh, tetapi tetap ingat untuk melakukan apapun secukupnya. Mulai coba untuk menemukan keseimbangan dengan menerapkan work life balance agar kamu terhindar dari burnout.

Tak hanya bisa mencegah stress berlebihan yang akan menjadi burnout, dengan adanya work life balance kamu malah bisa jadi lebih produktif dalam mengerjakan pekerjaan maupun saat melakukan hal pribadi lainnya. Kamu juga bisa lebih menikmati apapun yang kamu lakukan dengan tidak adanya tekanan dari jam kerja berlebih atau tuntutan kehidupan pribadi.

Memberikan batasan dan menjaga keseimbangan kehidupan kerja dan pribadi lewat work life balance akan memungkinkan kamu lebih banyak memiliki waktu luang yang bisa dipergunakan untuk me-time atau bersosialisasi bersama teman dan kerabat. 

Tips Untuk Mulai Terapkan Work Life Balance

Kamu bisa memulai menerapkan work life balance dengan menetapkan batasan waktu kapan kamu harus meninggalkan pekerjaan dan mulai beristirahat. Dengan memberikan batasan, kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan efisien sehingga jam luar kerja bisa kamu gunakan untuk melakukan hobi, menikmati me time, dan hal bersantai lainnya.

Hindari juga mengambil banyak pekerjaan dalam satu waktu. Belajar untuk ucapkan tidak jika kamu merasa tidak mampu untuk multitasking karena hal tersebut akan membuat kamu mudah kelelahan dan tidak maksimal dalam mengerjakannya. Kamu juga bisa sesekali mematikan notifikasi ponsel saat jam kerja sudah selesai atau saat kamu sedang melakukan kegiatan pribadi. 

Setelah kamu melakukan hal-hal di atas, jangan lupa untuk menyeimbangkan diri kamu dari dalam juga, ya! Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi dan cairan yang cukup bagi tubuh agar fungsi tubuh dapat bekerja secara optimal. Tubuh yang bekerja dengan baik akan memiliki tingkat konsentrasi tinggi dan menyimpan banyak energi yang dipakai untuk beraktivitas.

Lengkapi konsumsi cairan harian kamu dengan air pH tinggi dari VIT. Diberi nama VIT 8+, air minum pH tinggi ini memiliki pH yang lebih tinggi dibandingkan air minum biasa yang mampu membantu menetralkan kandungan asam dalam tubuh yang bisa menambah stamina, meningkatkan daya tahan tubuh, mengeluarkan racun, dan membuat tubuh kamu lebih segar. 

Minum VIT 8+ di pagi hari sebelum beraktivitas dan di malam hari sebelum beristirahat untuk mencukupi kebutuhan hidrasi kamu dalam mengoptimalkan work life balance. Temukan VIT 8+ di Indomaret, Alfamart, Alfamidi, atau e-commerce seperti Tokopedia, KlikIndomaret, dan Alfagift. Yuk terapkan work life balance bersama VIT!


Sumber: