Ingat Terus Prinsip Work Life Balance untuk Menjaga Kualitas Hidup Kamu!

image article

Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (disingkat PPKM) ini, pemberlakuan pola kerja WFH (Work From Home) kembali ditekankan. Bidang-bidang pekerjaan non-esensial atau yang bisa dilakukan dari jarak jauh, diharuskan untuk bekerja dari rumah saja demi menekan penyebaran virus COVID-19.

Menjalani WFH, membuat kita kembali berhadapan dengan situasi di mana tempat kerja dan berisitrahat menjadi satu. Bagi sebagian orang, hal ini merupakan tantangan untuk “memisahkan” pekerjaan dan kehidupan pribadi. Lalu ketika keduanya berjalan tidak seimbang, cepat atau lambat, hal ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan, baik itu fisik maupun mental, hingga kehidupan sosial. Maka dari itu, kita perlu belajar dan memahami cara untuk menyeimbangkan keduanya, atau disebut juga dengan work-life balance.

Work-life balance adalah suatu keadaan di mana seseorang dapat mengatur dan membagi antara tanggung jawab pekerjaan, kehidupan keluarga, dan tanggung jawab lainnya. Ini adalah “cita-cita” bagi sebagian besar pekerja untuk mendapatkan hidup yang lebih berkualitas dan bahagia. Menurut situs Forbes, definisi work-life balance telah berevolusi mengikuti perkembangan zaman, seiring semakin banyaknya generasi millennials yang telah memasuki usia kerja. Bagi mereka, work-life balance berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam memenuhi gaya hidup melalui pekerjaan yang dilakukan. Masyarakat kini mulai tidak lagi mengagungkan sikap “workaholic”. Bahkan, sudah semakin banyak orang yang memilih mendapat gaji yang lebih sedikit, asalkan mendapat jaminan adanya work-life balance dari tempat kerjanya.

Ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan jika work-life balance tercapai, di antaranya:

Menjadi lebih produktif dalam bekerja

Kita seringkali merasa kerja terus menerus akan serta merta membuat kita produktif. Kenyataannya, kerja berlebihan justru akan membuat kamu jenuh. Apabila work-life balance terpenuhi, pikiranmu akan lebih segar untuk bekerja lebih efektif.

Punya pikiran yang lebih kreatif

Setali tiga uang dengan poin no. 1, pikiran yang segar akan membuatmu bisa lebih berpikir kreatif untuk menemukan solusi pada setiap masalah.

Memiliki suasana hati yang lebih bahagia

Work-life balance akan membuat hidupmu lebih bahagia, karena kamu tidak merasa terlalu lelah, jenuh, lemas, dan bosan.

Menjalin hubungan baik dengan orang lain

Kamu jadi lebih tahu dan punya waktu untuk menjalin hubungan yang berkualitas dengan orang lain. Ini tentu berpengaruh dengan kebahagiaan hidupmu.

Menerapkan Work-Life Balance Dimulai dari Diri Sendiri

Dari sekian faktor yang bisa mengganggu terjadinya work-life balance, kebanyakan justru berawal dari diri sendiri. Kita kadang punya kebiasaan buruk, seperti menunda-nunda pekerjaan, yang membuat pekerjaan tersebut akhirnya menumpuk dan membuat jadwal hidup berantakan. Tidak jarang kita juga tidak bisa menghilangkan pikiran tentang pekerjaan, padahal sudah di rumah. Ada pula orang yang lupa memberikan reward untuk dirinya sendiri, sehingga pekerjaan terasa begitu menjemukan. Jangan lupa, pola makan, minum, dan istirahat pun berpengaruh besar pada suasana hati dan tentunya work-life balance.

Saatnya mulai mengubah kebiasaan-kebiasaan tersebut. Tinggalkan pekerjaan pada tempat bekerja, ketahui batas kemampuanmu, dan jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain. Sekali-kali, pergilah berlibur bersama keluarga atau orang terdekat. Pastikan kamu mendapat istirahat cukup, dan yang tidak kalah penting, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Makanan dan minuman sehat di sini tidak harus mahal, kok. Seperti contoh, cukup dengan mencukupi kebutuhan hidrasi dengan air mineral, suasana hati mu bisa menjadi lebih baik, tidak mudah lemas, maupun cemas. Di sisi kesehatan, kamu pun akan lebih mudah menjaga berat badan, dan terhindar dari penyakit pencernaan seperti sakit perut atau sembelit.

Namun ingat selalu untuk memilih air mineral yang berkualitas. Salah satu pilihan yang tepat adalah VIT, yang sudah dipercaya di Indonesia selama lebih dari 30 tahun. Dari segi produksinya, VIT telah melewati uji fisika, kimia, dan mikrobiologi untuk memastikan terpenuhinya standar kualitas yang telah ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM. VIT pun menerapkan standar HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) di semua pabriknya, di mana setiap proses filtrasi dan pengemasan menggunakan teknologi dan pengawasan mutu yang ketat.

Dengan mencukupi kebutuhan hidrasi, kamu pun akan mendapat manfaat kesehatan, yakni kesehatan otot, tulang, jantung, otak, ginjal, dan tentunya, pencernaan.

VIT dapat membantu kamu untuk memenuhi kebutuhan hidrasi kamu. Menurut situs kesehatan Medical News Today, mencukupi kebutuhan hidrasi akan memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti kesehatan otot, tulang, jantung, otak, ginjal, dan tentunya pencernaan. Kamu tidak perlu repot mencari air mineral berkualitas seperti VIT, karena air mineral VIT dapat ditemukan di toko-toko terdekat, atau di beberapa e-commerce kesukaanmu, dengan harga yang pas.

Maka dari itu, ayo lengkapi work-life balance-mu dengan air mineral VIT. Kamu juga bisa mengisi hari-harimu dengan hobi yang positif, seperti berolahraga, berkebun, atau membaca. Karena kesehatan fisik dan mental mu, adalah harapan kita semua.

Source:

https://smartpresence.id/blog/pekerjaan/pentingnya-work-life-balance-bagi-karyawan

https://www.sehatq.com/artikel/work-life-balance-adalah-keseimbangan-antara-hidup-dan-pekerjaan-mungkinkah-diraih

https://www.medicalnewstoday.com/articles/benefits-of-drinking-water-in-the-morning#other-bodily-functions

https://www.forbes.com/sites/alankohll/2018/03/27/the-evolving-definition-of-work-life-balance/?sh=5e866d759ed3