Tingkatkan Imunitas Saat PPKM, Berikut 5 Cara Agar Pencernaan Lancar

image article

Menjaga imunitas tubuh menjadi hal yang paling penting di masa pandemi. Beragam cara dilakukan untuk tetap menjaga daya tahan imun, mulai dari berolahraga, konsumsi sayuran dan buah-buahan, hingga bermacam vitamin. Tahukah kamu bahwa imunitas dapat ditingkatkan melalui pencernaan yang sehat?

Sebanyak 70% sel imun berada di dalam pencernaan. Pencernaan yang lancar akan berpengaruh besar kepada daya tahan tubuh kita. Jika pencernaan kamu terganggu, kamu dapat merasa tidak nyaman dan mudah merasa lemas. Selain itu, pencernaan yang tidak lancar juga dapat membuatmu kekurangan cairan yang membuat imunitasmu berkurang.

Ini dia 5 cara agar pencernaan lancar yang bisa kamu lakukan di rumah saat PPKM :

Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Kurangnya asupan serat dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Serat pada makanan dapat membantu menyerap air ekstra sehingga kotoran dalam usus menjadi lebih mudah untuk diproses dan dikeluarkan. Asupan serat harian dapat kamu dapatkan dari mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang bisa kamu olah sesuai selera.

Pilih jenis serat yang larut agar dapat menyerap air dan membentuk gel dalam usus untuk membantu melancarkan pencernaan seperti gandum, kacang-kacangan, apel, jeruk, alpukat, dan brokoli.

Memperhatikan Pola Makan

Pola makan menjadi salah satu cara agar pencernaan lancar dengan mengonsumsi makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang seimbang. Selain Vitamin C yang dikenal dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, kandungan Vitamin B12 dalam makanan pun penting untuk membantu meningkatkan imunitas. Kekurangan Vitamin B12 dapat menyebabkan sembelit yang mengganggu proses pencernaan. Tambahkan makanan yang mengandung Vitamin B12 seperti buah beri, kiwi, almond, ataupun yoghurt ke dalam menu makanan kamu.

Rutin Berolahraga

Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa menjadi cara agar pencernaan lancar karena olahraga dapat membantu tubuh untuk menyerap makanan lebih baik dan membuat usus tetap aktif bergerak. Proses metabolisme akan lebih cepat jika tubuhmu secara rutin digerakkan dan mencegah kamu untuk mengalami konstipasi atau sembelit. Lakukan olahraga dengan intensitas ringan seperti berjalan kaki, sit-up, push-up, atau lompat tali yang dilakukan secara rutin dalam seminggu untuk membantu pencernaanmu menjadi lebih lancar sekaligus meningkatkan imunitas.

Konsumsi Vitamin

Selain mendapatkan kandungan vitamin dari makanan yang dikonsumsi, kamu juga dapat mengkonsumsi vitamin tambahan untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Salah satunya adalah Vitamin C, suplemen atau tambahan Vitamin C tambahan dapat meredakan konstipasi atau sembelit dengan memberikan efek osmotik pada saluran pencernaan yaitu dengan membawa air ke dalam usus untuk memudahkan kotoran untuk diproses. Vitamin B9 (asam folat) juga dapat membantu melancarkan pencernaanmu. Kandungan yang terdapat pada Vitamin B9 (asam folat) bekerja dengan cara menstimulasi pembentukan asam pada saluran pencernaan sehingga dapat membantu proses pencernaan menjadi lancar. 

Penuhi Kebutuhan Cairan Harian

Kebutuhan cairan yang tidak terpenuhi dapat menimbulkan beberapa masalah, salah satunya adalah pencernaan yang terganggu. Cara agar pencernaan lancar paling mudah adalah dengan memperbanyak konsumsi air mineral setidaknya 2 liter setiap hari. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi air mineral berkualitas seperti VIT yang telah dipercaya selama lebih dari 30 Tahun di Indonesia. Proses pengemasan dan filtrasi VIT menggunakan teknologi dan pengawasan mutu yang ketat sehingga keamanan dan kualitasnya terjamin. Selalu sediakan VIT dalam ukuran botol maupun galon untuk memenuhi kebutuhan hidrasimu di berbagai macam momen  setiap hari.

Itu dia 5 cara agar pencernaan lancar yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Jangan sampai pencernaan yang terganggu menurunkan imunitas dan daya tahan tubuhmu dalam menghadapi pandemi. Pastikan kamu minum cukup air mineral agar pencernaan dan aktivitasmu lancar dengan VIT yang bisa kamu dapatkan di toko-toko terdekat, supermarket, minimarket, atau e-commerce favoritmu. Jadi, sudahkah kamu minum VIT hari ini?



Sumber:

https://hellosehat.com/pencernaan/konstipasi/cara-melancarkan-bab-mengatasi-sembelit/