Tahukah Kamu? Berikut 5 Ciri Pencernaan Sehat dan Cara Mendapatkannya!

image article

Menghadapi pandemi COVID-19 yang belum kunjung usai menuntut kita semua untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Tetapi, tahukah kamu bahwa hampir 70% komponen sistem kekebalan tubuh terdapat dalam jaringan usus?

Yap, maka dari itu sebabnya kita harus senantiasa memperhatikan kesehatan saluran cerna agar memiliki daya tahan tubuh dan kesehatan tubuh yang baik secara keseluruhan. Di dalam usus, terdapat bakteri baik atau probiotik yang berfungsi untuk melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan. Probiotik juga memiliki peran sebagai pengaktif sistem kekebalan tubuh melalui mekanisme penyerapan nutrisi dari apa yang kita konsumsi.

Proses pencernaan sendiri dimulai sejak pertama kali makanan masuk ke mulut. Setelah melalui mulut dan kerongkongan, makanan kemudian dihaluskan di dalam lambung yang selanjutnya dikirimkan ke usus halus untuk melewati proses pencernaan dan penyerapan gizi yang akhirnya disalurkan ke seluruh tubuh.

Karena peranannya yang sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh, kesehatan pencernaan harus selalu diperhatikan dan jangan sampai terabaikan. Jika saluran pencernaan bermasalah, jumlah bakteri baik dalam usus dapat menurun yang mengakibatkan proses penyerapan nutrisi akan terganggu. Kinerja berbagai komponen sistem kekebalan tubuh dalam usus pun akan menurun yang dapat berdampak pada melemahnya sistem daya tahan tubuh dan membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

Sistem pencernaan setiap orang pasti berbeda, tetapi kamu dapat mengetahui ciri-ciri pencernaan sehat secara umum dan cara agar pencernaan lancar lewat artikel ini. Yuk, baca secara lengkap!

1. Buang Air Besar Secara Teratur

Salah satu hal yang menandakan bahwa sistem pencernaan kamu lancar dan sehat adalah frekuensi buang air besar (BAB) yang normal. Pada umumnya, manusia BAB sebanyak 3-4 kali seminggu, namun pula banyak orang yang terbiasa BAB setiap hari. Pola BAB yang teratur tanpa rasa tidak nyaman atau rasa sakit menunjukkan bahwa proses pencernaan kamu bekerja dengan baik.

Jika kamu kesulitan dalam BAB, cara agar pencernaan kembali lancar yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi lebih banyak serat. Dengan mengkonsumsi banyak serat yang banyak dimiliki oleh sayuran dan buah-buahan, proses pembuangan sisa kotoran, racun, dan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh akan lebih cepat dan membuat kamu terhindar dari sembelit. Mengkonsumsi serat juga terbukti ampuh dalam meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus karena beberapa jenis serat bermanfaat untuk menghadirkan “sumber makanan” bagi bakteri baik sehingga mereka dapat terus berkembang.

Kamu bisa mendapatkan asupan serat dari kacang-kacangan, sayuran hijau, biji-bijian, dan beragam jenis buah. Konsumsi serat dari sumber yang bervariasi agar kamu mendapatkan gizi yang beraneka ragam.

2. Feses Berwarna Coklat dan Tidak Keras

Buang air besar secara rutin tidak selalu bisa menandakan bahwa pencernaan kamu sehat. Untuk memastikan lebih lanjut, kamu bisa melihat bentuk dan warna feses saat BAB. Kondisi feses dapat mewakili seberapa baik kesehatan saluran cerna terutama kondisi kesehatan usus kamu. 

Cara agar pencernaan lancar yang bisa kamu lakukan yakni dengan mengkonsumsi tambahan bakteri baik atau probiotik lewat makanan fermentasi seperti yogurt, tempe, dan oncom. Kandungan dalam probiotik bisa membantu dalam menetralkan jumlah bakteri jahat, meningkatkan penyerapan zat gizi, membantu memecah laktosa (gula), dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

3. Buang angin dan Sendawa

Buang angin atau sendawa di depan orang lain atau saat berada di publik memang memalukan dan tidak sopan. Namun, Buang angin dan sendawa beberapa kali dalam sehari dapat menjadi tanda bahwa kamu memiliki pencernaan yang sehat. Buang angin dan sendawa merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan gas yang diproduksi selama proses pencernaan makanan. Gas tersebut terbentuk ketika bakteri dalam usus besar sedang bekerja untuk memecah sisa makanan yang datang dari usus halus.

Buang angin dan sendawa juga bisa terjadi ketika kamu makan terlalu cepat atau telat makan. Untuk menghindari konstipasi yang disebabkan oleh hal di atas, kamu bisa mulai mengatur pola makan sesuai jadwal setiap harinya dalam porsi wajar yang bisa diselingi dengan kudapan yang menyehatkan.

4. Suasana Hati yang Stabil

Tahukah kamu jika kinerja otak dan sistem pencernaan saling terhubung satu sama lain? Jika salah satu dari keduanya mengalami gangguan, maka yang lainnya pun akan terganggu. Di dalam otak terdapat kumpulan saraf yang mengendalikan sistem pencernaan dan mengendalikan aliran darah yang menyerap gizi dari makanan. Perubahan emosi drastis yang dialami seseorang bisa berpengaruh ke sistem pencernaan, sebaliknya jika terdapat iritasi pada sistem cerna, pencernaan akan mengirim sinyal ke sistem saraf pusat di tubuh bahwa ada sesuatu yang salah dan dapat memicu perubahan suasana hati.

Mengelola stres dengan baik menjadi cara agar pencernaan lancar selanjutnya. Kamu bisa coba meditasi, melakukan hobi, beristirahat, atau melakukan kegiatan menyenangkan lainnya untuk mengelola stres yang kadang menghampiri.

5. Kulit Sehat, Kuku Kuat, dan Rambut Lebat

Sistem pencernaan yang sehat juga dapat dilihat dari kondisi kulit, kuku, dan rambut yang dimiliki oleh seseorang. Orang dengan pencernaan yang sehat cenderung memiliki kondisi kulit yang lebih sehat dan cerah, kuku yang kuat, dan tidak mengalami kerontokan rambut. Hal tersebut menandakan bahwa usus mencerna gizi dengan baik dan dengan tepat menyalurkannya ke seluruh bagian tubuh. 

Sistem pencernaan yang bermasalah akan dengan mudah mengganggu penyebaran gizi ke seluruh tubuh dan dapat mengakibatkan kulit kusam dan kering, kuku yang rapuh, serta rambut rontok dan patah. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mengimbangi konsumsi serat dengan minum air putih yang cukup. Konsumsi air yang rutin juga dapat membantu kesehatan pencernaan secara keseluruhan mulai dari proses makanan masuk ke mulut hingga akhirnya dikeluarkan oleh anus. 

Itulah 5 ciri pencernaan sehat dan cara agar pencernaan lancar. Jangan lupa untuk tetap menjaga hidrasi tubuh dengan asupan air mineral sebanyak 2 liter per hari untuk membantu pencernaan lebih lancar dan tubuh menjadi lebih segar.

Pilih air mineral yang terjamin kualitasnya seperti VIT yang telah memenuhi standar ISO 9001 dan SNI 01-3553-2006 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta sudah melalui uji fisika, kimia, mikrobiologi dan pengawasan mutu yang ketat untuk tetap memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan.

Kamu bisa mendapatkan VIT dengan mudah di beberapa toko, supermarket, minimarket, maupun e-commerce dalam format gelas, botol, maupun galon. Jadi, apa yang kamu tunggu? Mari minum VIT hari ini!

Sources: