Pola Hidup Sehat Berawal dari Pencernaan yang Lancar. Ini Buktinya!

image article

Di tengah tren pola hidup sehat yang kian menanjak beberapa waktu belakangan ini, ada satu bagian yang seringkali kurang diperhatikan, yaitu kesehatan pencernaan. Padahal, proses pencernaan terus berlangsung tanpa henti, hampir 24 jam satu hari, dan 7 hari dalam seminggu.

Pencernaan yang sehat, tidak hanya menghindarkan mu dari penyakit usus dan perut seperti diare atau sembelit, melainkan juga penyakit yang menyerang jantung dan otak. Maka dari itu, rasanya tidak lengkap jika berbicara tentang pola hidup sehat tanpa membahas soal pencernaan.

Lalu, bagaimana cara mudah menjaga kesehatan pencernaan yang dapat kita praktekkan sehari-hari? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Mengatur gizi dan pola makan

Saatnya menghentikan kebiasaan makan sembarangan. Yuk, kita ubah pemikiran bahwa makanan sehat itu sama dengan makanan mahal. Kamu dapat memulai dengan mengurangi makanan olahan yang banyak mengandung zat-zat kimia seperti pemanis atau pengawet. Makanan seperti itu akan menambah kadar bakteri baik di sistem pencernaan. Setelah itu, biasakan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan karena mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. 

Perhatikan juga jam makan kamu. Biasakan makan siang dan malam pada jam yang sama setiap hari. Jangan juga makan terlalu cepat, karena itu tidak baik untuk pencernaan. Nikmati apa yang kamu makan secara sungguh-sungguh.

  1. Mengelola kesehatan mental

Pola hidup sehat tidak hanya berkaitan dengan kesehatan fisik, tapi juga mental. Mungkin kamu ada yang belum tahu bahwa otak dan pencernaan sangatlah berhubungan. Ketika kamu stres, tubuh akan menghasilkan hormon kortisol dalam jumlah banyak, yang dapat menyebabkan mual dan diare.

Hindari dengan istirahat yang cukup, serta belajar mengurangi beban pikiran berlebih. Kamu dapat mencoba berbagai aktivitas positif seperti yoga, berkebun, atau memelihara binatang.

  1. Aktif berolahraga

Rajin bergerak dan berolahraga tentu sudah sering kamu dengar sebagai cara menjaga pola hidup sehat yang paling efektif. Bukan tanpa alasan, berolahraga yang rutin dapat melancarkan metabolisme, serta menyehatkan organ-organ penting dalam tubuh. Jika kamu baru akan mulai olahraga, lakukan dari gerakan yang berintensitas rendah, baru perlahan-lahan meningkat.

  1. Memenuhi kebutuhan hidrasi setiap hari

Aktivitas yang paling sering terlupa ketika kita sedang sibuk adalah minum air mineral. Padahal, manfaatnya terhadap pencernaan sangatlah besar. Minum air mineral yang cukup dapat mencegah sakit perut dan sembelit, serta membuat suasana hati dan pikiranmu lebih baik. Ditambah lagi, dengan kamu memenuhi kebutuhan hidrasi, asupan kalori ke dalam tubuh akan berkurang sehingga berat badanmu akan lebih terkontrol. Oleh karena itu, pastikan kamu minum air sebanyak kurang lebih 2 liter per hari. Tentunya, kebutuhan air ini juga dipengaruhi dengan kondisi-kondisi tertentu, seperti ibu yang sedang hamil atau melahirkan. Alangkah baiknya jika kamu berkonsultasi dengan pihak ahli.

Memenuhi kebutuhan hidrasi pastinya akan lebih baik dengan air mineral berkualitas. Jadi, jangan sembarang pilih. Air minum yang belum terjamin kandungannya malah bisa jadi membawa bakteri buruk ke pencernaan kamu.

Untuk mendapatkan kualitas terbaik, kamu bisa pilih VIT, air mineral yang sudah dipercaya di Indonesia sejak tahun 1984. Air mineral VIT menerapkan standar HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) di semua pabriknya. Proses pengemasan dan filtrasi VIT pun menggunakan teknologi serta pengawasan mutu yang ketat. Itulah sebabnya VIT, telah memenuhi syarat SNI yang diberikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Tidak perlu repot-repot, VIT bisa didapatkan di toko-toko terdekat atau di beberapa e-commerce andalanmu dengan harga yang pas. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan atau harus merogoh kocek lebih. Manfaat yang kamu dapatkan sangat berarti, kok!

Ayo, jalani pola hidup sehat dengan baik bersama air mineral VIT. Beritahukan informasi ini kepada keluarga dan orang-orang terdekatmu juga, ya!


Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/ini-5-tips-menjaga-kesehatan-pencernaan