Penting Diketahui! 5 Cara Pilih Air Minum yang Baik Buat Kamu yang Lagi Isoman

image article

Menghadapi pandemi varian baru COVID-19, Indonesia memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai daerah guna menekan angka penyebaran virus. Walau begitu, tentunya risiko terpapar COVID-19 masih ada. Malahan, sebagian besar orang yang terpapar virus justru memiliki gejala ringan atau bahkan tidak berjalan sama sekali. Mereka yang termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG) ini dapat melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah untuk menjalani proses pemulihan. Walaupun berada di rumah, penyintas COVID-19 harus tetap mempertahankan protokol kesehatan serta menjaga kesehatan tubuh.

Selain alat penunjang pemulihan, penyintas COVID-19 yang sedang menjalankan isoman juga harus tetap menjaga asupan nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk membantu mempercepat proses pemulihan. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika sakit terutama saat terserang virus COVID-19 adalah konsumsi air minum yang cukup untuk memastikan tubuh tidak kekurangan cairan. Dehidrasi pada tubuh dapat memperlambat proses penurunan gejala dan membuat kondisi menjadi lemas, padahal tubuh sedang memerlukan upaya yang lebih besar untuk melawan virus. 

Air minum yang kamu konsumsi juga tidak boleh sembarangan, terutama saat masa pemulihan. Dalam menjalani isoman, dianjurkan untuk mengkonsumsi air minum dalam kemasan atau air mineral yang lebih praktis dan dapat mengurangi resiko kontaminasi serta penyebaran virus. Selain itu, air minum dalam kemasan juga telah melalui proses sedemikian rupa untuk menjaga kandungan manfaat di dalamnya. Berikut lima cara pilih air minum yang baik buat kamu yang lagi isoman:

Sesuai dengan Standar Pemerintah

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492 Tahun 2010, air minum yang baik harus melewati lulus uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan memenuhi tiga syarat utama yakni Fisik, Kimiawi, dan Mikrobiologi. Selain melalui lulus uji hingga layak untuk dikonsumsi, perhatikan juga bahwa air minum yang kamu pilih telah memiliki logo SNI (Standar Nasional Indonesia) pada bagian kemasannya. Pastikan kemasan air minum dalam keadaan yang baik dan tersegel rapat untuk mencegah kontaminasi dari zat dan virus berbahaya yang dapat mengurangi kualitas dan kelayakan air minum.

Mengandung Mineral yang Penting Bagi Tubuh

Agar dapat membantu mempercepat proses pemulihan kamu saat isoman, air minum yang baik untuk dikonsumsi harus mengandung mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan virus secara optimal. Beberapa mineral penting yang dapat ditemukan di dalam air minum yang baik di antaranya adalah kalium, magnesium, natrium, dan kalsium. Mineral-mineral tersebut dapat menjaga kestabilan darah, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dan membantu tubuh secara keseluruhan untuk menguatkan sistem imun dalam melawan penyakit seperti COVID-19.

Tidak Berwarna, Berbau, dan Berasa

Dalam memilih air minum yang baik, selalu pastikan untuk melihat warna airnya sebelum dikonsumsi. Air minum yang baik memiliki warna yang jernih. Jika air minum berwarna keruh, bisa jadi air tersebut telah terkontaminasi oleh zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. Air minum yang baik juga tidak memiliki bau ataupun rasa dan terbebas dari bakteri yang dapat menyebabkan sakit perut atau diare.

Pastikan Masa Kadaluarsa

Sebelum membeli air minum, kamu harus memastikan masa kadaluarsa yang tertera pada kemasan. Air minum yang mendekati atau melewati masa kadaluarsa kemungkinan telah mengalami penurunan kualitas dan tidak layak lagi untuk dikonsumsi.

Pastikan Sumber Asal Air Minum

Air minum yang baik berasal dari sumber air bawah tanah atau mata air pegunungan yang memiliki kandungan mineral alami. Mata air yang menjadi sumber air minum yang baik melalui proses secara terkendali yang diolah secara hati-hati untuk menghindari pencemaran baik terhadap lingkungan maupun kandungan mineral di dalam air minum itu sendiri agar tidak terpapar bakteri atau bahan kimia berbahaya.

Dari kelima cara di atas, kamu tentunya sudah bisa memilih mana air minum yang baik untuk dikonsumsi saat menjalankan isoman. Hal ini penting karena tubuhmu sedang membutuhkan banyak cairan untuk membantu proses pemulihan dan menguatkan imunitas dalam melawan virus.

Seperti air minum VIT yang bisa menjadi pilihan kamu sebagai air minum yang baik untuk mencukupi kebutuhan hidrasi kamu saat sedang menjalani isoman. Air minum VIT telah melalui berbagai uji kimia, fisika, dan mikrobiologi serta serangkaian sertifikasi untuk senantiasa menjamin kualitas dan kebaikan di dalamnya.

Untuk memenuhi kebutuhan air minum di rumah bagi keluarga, kamu bisa memilih VIT galon karena harganya pun sangat terjangkau. Harga rekomendasinya adalah 46,5 ribu-an untuk pembelian galon baru dengan air VIT dan 15.500-an untuk mengisi ulang galon dengan air VIT. VIT Galon juga sudah tersedia di 4.000 toko AHS (Aqua Home Service), 25.000 toko GT, dan 800 toko MT. Kamu bisa mendapatkan VIT galon dengan mudah melalui e-commerce favoritmu, atau pesan melalui Aqua Home Service dengan menghubungi Whatsapp 0813 8888 8873 agar langsung diantar ke rumahmu tanpa melalui kontak langsung.

Semoga kamu cepat pulih dan sehat segera!


Sumber: