Kali Kedua Puasa Ketika Pandemi? Berikut Tipsnya Agar Tubuh Tetap Sehat!

image article

Tahun 2021 menjadi kali kedua bagi umat Muslim menjalankan ibadah puasa di tengah situasi pandemi. Masyarakat kembali diimbau untuk berbuka puasa dan sahur di rumah saja dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Tentunya, hal penting yang harus selalu diingat adalah menjaga kesehatan diri sendiri. Sudah saatnya kamu memperhatikan kualitas nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi, sekaligus menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ketika buka puasa. Apa saja? Ini dia:

  1. Kurang minum air putih.

Bukan berarti slogan “buka puasa dengan yang manis” itu salah, tapi kadang, kita terlalu tergiur dengan minuman manis sampai lupa minum air putih. Minuman seperti kolak atau es buah memang dapat mengembalikan kadar gula yang hilang, namun jangan lupa, tubuh juga membutuhkan mineral yang bisa didapatkan dari air putih. Ditambah lagi, terlalu banyak mengonsumsi minuman manis bisa mendatangkan bahaya penyakit seperti diabetes, lho!

Mineral sendiri merupakan zat penting yang membantu pembentukan imun tubuh kita. Selain mengandung mineral, air minum yang baik harus memenuhi tiga syarat, yakni; tidak berwarna, berbau, dan berasa; tidak mengandung zat kimia beracun seperti Hg (merkuri atau air raksa), Pb (timbal), As (arsen), Cd (kadmium), atau Cr (kromium); serta terbebas dari bakteri berbahaya yang dapat menjadi penyebab sakit perut atau diare. Seperti VIT yang telah memenuhi syarat air minum yang baik melalui berbagai uji kimia, fisika dan mikrobiologi. VIT memiliki kualitas yang terjamin dengan berbagai sertifikasi, menjadikannya air minum yang baik untuk dikonsumsi.

  1. Terlalu banyak makan gorengan.

Gorengan dan takjil memang sudah seperti “paket standar” buka puasa di Indonesia. Namun, perlu diingat, makan gorengan terlalu banyak dapat mengundang berbagai penyakit. Makanan berminyak lebih seperti gorengan dapat mengganggu pencernaan hingga menimbun kolesterol, yang pada akhirnya, bisa mengganggu sistem imun tubuh kamu. Jangan makan gorengan berlebihan, ya!

  1. Porsi makan berlebihan

Seringkali ketika waktu buka puasa tiba, kita langsung ingin “balas dendam” dengan makan sebanyak-banyaknya. Padahal, jika lambung yang tadinya “kosong” mendadak penuh, bisa menyebabkan diafragma kaget dan tertekan. Hal ini dapat membuat sakit di ulu hati hingga penyakit perut seperti Gerd.

Lalu apa saja tips buka puasa sehat ketika pandemi? Berikut di antaranya:

  1. Buka puasa dengan dua gelas air minum yang baik.

Berkaitan dengan poin di atas, mulailah buka puasa dengan dua gelas air minum yang baik untuk mengembalikan mineral yang hilang. Air mineral memang terlihat sederhana, namun mampu memenuhi kebutuhan hidrasi tanpa kandungan gula atau kalori. Mengkonsumsi air minum yang baik seperti VIT juga menjaga kesehatan jantung, pencernaan, tulang, dan tentunya imun tubuh. Jadi, jangan lupa sedia terus VIT di rumah, ya! Bisa didapatkan di supermarket, minimarket, atau e-commerce andalan kamu.

  1. Mencuci tangan hingga bersih.

Protokol kesehatan wajib tetap dilakukan selama pandemi belum berakhir. Ayo buka puasa di rumah saja, dan jangan lupa mencuci tangan hingga bersih dengan air mengalir dan sabun. Kalau kamu kangen dengan tradisi bukber (buka bersama), sekarang bisa dilakukan secara virtual dengan video call, kok.

  1. Menu makanan seimbang.

Perhatikan nutrisi makanan yang kamu konsumsi ketika buka puasa. Buah kurma mengandung gula alami yang bisa menggantikan kadar gula yang hilang. Kamu juga dianjurkan mengonsumsi buah-buahan lain karena mengandung vitamin, serat, dan zat-zat lain yang dibutuhkan tubuh. Sup seperti sup ayam atau kacang juga merupakan pilihan baik, karena dapat menambah asupan cairan.

Itu dia tips berbuka puasa yang sehat selama pandemi dari VIT. Semoga ibadah puasa teman-teman lancar, dan kesehatan tubuh tetap terjaga dengan selalu sedia VIT untuk memenuhi kebutuhan hidrasi mu!

Sumber:

https://www.alodokter.com/memahami-air-mineral-kandungan-dan-bedanya-dengan-air-putih-biasa