Inilah Beberapa Penyakit dari Pola Hidup Tidak Sehat yang Wajib Kamu Hindari!

image article

Mengapa pola hidup sehat menjadi topik yang begitu hangat belakangan ini? Selain karena situasi pandemi, masyarakat Indonesia nampaknya semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Hal ini tentunya baik, mengingat ada banyak bahaya penyakit yang mengintai jika kamu tidak menjalani pola hidup sehat. Baik untuk sekarang, maupun di masa tua.

Beberapa kebiasaan buruk, seperti pola makan yang buruk (terlalu banyak makan junk food, gorengan, atau gula), malas berolahraga, hingga jam tidur yang tidak beraturan dapat membawa dampak negatif terhadap tubuh kamu. Tidak hanya itu, “kecanduan” perangkat elektronik seperti social media hingga video game hingga tahap berlebihan juga dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan mental.

Berikut beberapa penyakit yang sangat mungkin terjadi jika kamu tidak melakukan pola hidup sehat:

  1. Diabetes

Banyak orang merasa “aman” jika dirinya tidak memiliki keturunan penyakit diabetes. Sayangnya, anggapan tersebut tidak benar. Risiko penyakit diabetes tetap ada terutama jika kamu tidak menjalankan pola hidup sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan “manis”, sehingga kadar gula dalam tubuh tidak terkendali. Kamu yang malas bergerak atau berolahraga juga masih berpotensi terkena diabetes karena proses metabolisme tubuh yang terhambat. 

  1. Penyakit Kardiovaskular

Dua contoh penyakit kardiovaskular yang banyak terjadi adalah sakit jantung dan stroke. Keduanya sama-sama dapat terjadi jika kamu terlalu banyak makan gorengan atau junk food. Apalagi jika kamu terlalu banyak merokok.

  1. Obesitas

Kelebihan berat badan atau obesitas tentunya dapat terjadi karena pola makan yang buruk, entah itu jumlah yang terlalu banyak, kandungan gizi yang tidak teratur, hingga jam makan yang tidak beraturan. Kebiasaan tersebut menyebabkan lemak bertumpuk dalam tubuh.

  1. Kanker

Pola hidup tidak sehat seperti merokok, kurang olahraga, dan konsumsi gizi yang tidak teratur juga dapat menyebabkan mutasi gen yang menjadi faktor terjadinya penyakit kanker.

  1. Penyakit Mental

Tidak hanya penyakit “fisik”, pola hidup tidak sehat pun berbahaya untuk kesehatan mental. Bahkan dalam kondisi ekstrim, kurangnya istirahat, gizi yang tidak terpenuhi, hingga minimnya berolahraga dapat menimbulkan hipertensi hingga skizofrenia.

Daftar ini bisa semakin panjang karena masih ada banyak penyakit yang disebabkan pola hidup tidak sehat seperti osteoporosis dan gagal ginjal. Tentunya, hal-hal ini tidak ingin kamu alami, bukan? Hendaknya kita tetap menjaga fisik dan mental agar terhindar dari beberapa akibat yang telah disebutkan sebelumnya, dan menjadi penting bagi kita untuk tetap menjaga pola hidup sehat, salah satunya dengan memenuhi kebutuhan hidrasi, agar senantiasa tetap sehat.

Pentingnya Memenuhi Kebutuhan Hidrasi

Idealnya, pola hidup sehat dapat dimulai dengan olahraga yang teratur, mengontrol makanan yang dikonsumsi, serta memperbaiki kualitas istirahat. Kebiasaan-kebiasaan ini harus dilengkapi dengan terpenuhinya kebutuhan air minum sehari-hari kamu.

Dengan asupan air yang cukup, proses pencernaan dalam tubuh kamu akan lebih lancar. Kamu tidak “hanya” terhindar dari sakit perut atau sembelit, melainkan juga tubuh yang lebih segar dan mood yang lebih baik. Minum air mineral juga membantu menurunkan asupan kalori, menyehatkan jantung dan tulang, serta tentunya meningkatkan imun tubuh.

Tapi ingat, jangan sembarang pilih air minum. Pilih air minum yang baik seperti VIT yang sudah terjamin kualitasnya di Indonesia selama 48 tahun. Air mineral VIT telah mendapatkan sertifikat Halal dan SNI oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), selain itu VIT telah melalui proses filtrasi dan pengemasan menggunakan teknologi serta pengawasan mutu yang ketat, memastikan air yang kamu minum sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan.

Untuk memenuhi kebutuhan air minum kamu, minum VIT sebanyak 2 liter per hari. Dapatkan VIT di beberapa supermarket, minimarket, dan e-commerce andalan kamu. Dengan harga yang pas di dompet, kamu jadi gak perlu banyak mikir buat sehat!

Sumber: