Ini Dia 5 Tips Pola Hidup Sehat Untuk Jalani PPKM!

image article

Di masa pandemi, kita dituntut untuk lebih adaptif dalam menjalankan pola rutinitas sehari-hari. Terlebih saat PPKM Darurat kembali diterapkan untuk mengimbau masyarakat beraktivitas lagi dari rumah. Meskipun pola hidup kita berubah, jangan terlewat untuk tetap menerapkan pola hidup sehat yang dapat membantu kita menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan imunitas terutama di masa seperti ini.

Hal terpenting dalam memulai pola hidup sehat atau bahkan mempertahankannya adalah kemauan dan konsistensi. Menerapkannya pun tidak perlu usaha yang terlalu rumit. Mari kenali 5 tips yang bisa membantu kamu menerapkan pola hidup sehat untuk menjalani PPKM Darurat:

Menjaga Asupan Nutrisi yang Seimbang

Faktor yang paling penting bukan harga atau tempat dimana kamu mendapatkannya, tetapi asupan nutrisi yang terkandung di dalam makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Asupan yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan juga serat yang seimbang dapat membantu kamu untuk tetap sehat dan kuat dalam menghalau berbagai penyakit.

Kamu juga dianjurkan untuk mengurangi konsumsi makanan instan yang mengandung banyak bahan pengawet dan tidak memenuhi nilai gizi yang dibutuhkan tubuhmu. Kurangi konsumsi makanan dengan konsentrasi minyak berlebih dan perbanyak makan sayuran serta buah-buahan yang mengandung banyak vitamin dan nutrisi. Terapkan mindful eating saat mengkonsumsi makanan dan jangan lupa untuk memastikan jam makan yang teratur, ya!

Sempatkan Diri untuk Bergerak atau Berolahraga

Duduk berjam-jam di depan layar saat bekerja dari rumah dan sulitnya membagi waktu antara kesibukan harian dan rutinitas pribadi seringkali menjadi alasan di balik tubuh yang mudah lelah dan tidak bersemangat. Usahakan untuk menyisihkan waktumu setidaknya selama 30 menit dalam satu hari untuk menggerakkan tubuh seperti berjalan kaki di sekitar tempat tinggalmu atau melakukan gerakan olahraga dengan intensitas ringan.

Menjaga tubuhmu tetap bergerak dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengeluarkan zat berbahaya dari tubuh melalui proses detoksifikasi alami. Selain itu, tubuh juga memproduksi hormon endorfin ketika bergerak yang dapat memberikan energi positif dan membuat mood lebih baik. 

Mengelola Stress dan Istirahat yang Cukup

Menjalani pola hidup sehat tidak hanya sekedar kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Kondisi PPKM Darurat dan perubahan ritme rutinitas sehari-hari kerap memudahkan kita untuk merasakan stress yang berlebih. Mengelola stress dapat dilakukan dengan menerapkan work-life balance, meminimalisir waktu di media sosial, mengolah arus informasi yang diterima, dan melalui meditasi sederhana seperti mengatur pola nafas.

Pengelolaan stress juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup dan berkualitas. Sempatkan untuk beristirahat sejenak dari kesibukanmu dengan melakukan kegiatan yang menghibur seperti menonton film, membaca buku, mendengarkan musik, atau bercocok tanam. Usahakan juga untuk mendapatkan durasi tidur yang cukup setiap harinya agar badanmu lebih segar dan bugar.

Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Sekitar

Kebersihan diri atau personal hygiene dan kebersihan di lingkungan sekitar dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan fisik untuk mengoptimalkan pola hidup sehat. Menjaga kebersihan diri dapat dilakukan dengan mencuci tangan dengan sabun secara rutin, langsung mandi setiap habis keluar rumah, menjaga kebersihan anggota tubuh lainnya secara keseluruhan serta kebersihan pakaian yang dikenakan.

Kebersihan lingkungan sekitar juga perlu dijaga untuk mengurangi resiko penyakit. Kamu bisa memulainya dengan cara mengelola sampah, membersihkan area kegiatan sehari-hari secara rutin, dan melakukan pembersihan secara menyeluruh pada setiap sudut rumah setidaknya satu bulan sekali.

Memenuhi Kebutuhan Hidrasi Setiap Hari

Selain menjaga asupan nutrisi yang seimbang, kebutuhan hidrasi tubuh juga penting untuk diperhatikan. Biasakan minum air mineral setidaknya 2 liter per hari untuk membantu menjaga kebugaran tubuh, menjaga pencernaan lebih baik, hingga menjaga kesehatan kulit. Hidrasi tubuh yang baik memiliki banyak manfaat dalam menjaga kesehatan dari dalam yang akan terpancar dari luar.

Pilih air mineral berkualitas seperti VIT yang telah terjamin mutunya selama lebih dari 30 tahun. Air mineral VIT telah melewati uji fisika, kimia, dan mikrobiologi melalui HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) di semua pabriknya untuk memastikan terpenuhinya standar kualitas yang telah ditetapkan. Dapatkan VIT di toko-toko terdekat sekitarmu atau e-commerce favoritmu. Selalu sedia VIT di dalam ukuran botol maupun galon untuk menemani kegiatanmu sehari-hari.

Itu dia 5 tips yang bisa kamu terapkan dalam melancarkan pola hidup sehat di masa PPKM Darurat. Lakukan semua hal dengan teratur terutama dalam memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh yang dapat kamu lakukan dengan mudah melalui konsumsi air mineral VIT. Hubungi Aqua Home Service di nomor WhatsApp 08133 8888 8873 untuk mendapatkan VIT langsung diantar ke tempat tinggalmu. Mari jaga terus kesehatan tubuh dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dan saling menjaga satu sama lain selama masa PPKM Darurat. Jangan lupa untuk lengkapi pola hidup sehat kamu dengan minum VIT setiap hari!

Sumber: