Ingin Tubuh Sehat? Berikut 5 Cara Mudah Agar Pencernaan Lancar!

image article

Pernah merasa sakit perut atau sembelit? Itu adalah tanda bahwa proses pencernaan kamu tidak berlangsung dengan lancar. Selain susah buang air besar, pencernaan yang terganggu dapat mempengaruhi kesehatan tubuh lainnya. Kamu dapat merasa lemas, rentan sakit, dan suasana hati yang tidak baik. Mengapa demikian?

Pencernaan adalah proses di mana makanan dan minuman yang kamu konsumsi diolah nutrisinya untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Apabila pencernaan tidak sehat, otomatis proses-proses penting tubuh lain juga tidak berlangsung optimal. Itulah sebabnya, penting untuk kita menjaga kesehatan pencernaan, terutama di masa PPKM hari ini di mana kamu membutuhkan daya tahan tubuh terbaik.

Berikut adalah cara mudah agar pencernaan lancar yang bisa kamu praktekkan sedari rumah:

1. Banyak mengonsumsi makanan berserat

Salah satu penyebab utama terganggunya pencernaan adalah kekurangan serat. Padahal, fungsi serat bagi tubuh adalah untuk penyerapan air, sehingga kamu bisa lebih mudah untuk buang air besar. Oleh karena itu, cara mudah agar pencernaan lancar yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, umumnya sayur dan buah seperti kacang-kacangan, gandum, apel, jeruk, alpukat, hingga brokoli. Jangan lupa menjaga pola dan waktu makan setiap hari, ya!

2. Rajin bergerak dan berolahraga

Selain manfaat yang sudah kamu ketahui seperti memperkuat otot, tulang, dan saraf, olahraga juga membantu melancarkan fungsi pencernaan. Cara agar pencernaan lancar yang satu ini dapat membuat usus aktif bergerak, sehingga proses pengolahan makanan berlangsung lebih cepat. Kamu pun dapat menjaga berat badan, serta meningkatkan kebugaran tubuh sepanjang hari.

Di tengah situasi pandemi ini, yuk, kita tetap olahraga di rumah agar selalu sehat dan aman. Ada banyak gerakan olahraga yang praktis untuk kamu lakukan di rumah, di antaranya push-up, sit-up, yoga, lompat tali, hingga naik turun tangga. Kamu bisa mempelajari lebih lanjut dari internet, atau bertanya kepada yang sudah ahli.

3. Menerapkan work-life balance dan mengelola stres

Banyak yang belum tahu bahwa kondisi mental yang buruk seperti stres juga dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan. Maka dari itu, kamu perlu mengelola stres, umumnya dengan melakukan hal-hal yang menenangkan seperti membaca buku, menonton film, atau melakukan hobi. Hal-hal lain yang juga bisa dilakukan adalah mengurangi waktu dengan media sosial, serta menerapkan work-life balance atau keseimbangan waktu dan tanggung jawab antara bekerja dan kehidupan pribadi.

4. Buang air besar secara rutin

Cara agar pencernaan lancar berikutnya adalah dengan membiasakan buang air besar setiap hari. Kebanyakan orang memilih pagi hari sebagai waktu terbaik untuk BAB, namun hal ini bisa berbeda-beda di setiap orang. Yang terpenting, hindari kebiasaan menahan-nahan BAB, serta memiliki jam makan yang teratur setiap hari.

5. Memenuhi kebutuhan hidrasi setiap hari

Selain menghindarkan dari dehidrasi, minum air yang cukup atau sekitar 2 liter setiap hari dapat membantu pencernaanmu bekerja lebih baik. Tidak hanya itu, minum air juga berfungsi menurunkan asupan kalori dan mengurangi risiko kenaikan berat badan.

Tentunya, kita harus memenuhi kebutuhan hidrasi dengan air mineral yang berkualitas. Kamu bisa pilih air minum berkualitas seperti VIT, yang sudah dipercaya sejak tahun 1984 di Indonesia. Air mineral VIT telah memenuhi syarat SNI dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan menerapkan standar HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) di semua pabriknya. Proses pengemasan dan filtrasi VIT pun menggunakan teknologi dan pengawasan mutu yang ketat.

Demi memudahkanmu memenuhi kebutuhan hidrasi, sediakan VIT, baik dalam ukuran botol maupun galon, di tempat-tempat yang paling kamu gunakan untuk beraktivitas.

Itu dia 5 cara agar pencernaan lancar yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Ingat, apabila kamu terkena penyakit pencernaan yang cukup parah, jangan ragu untuk segera mencari pertolongan medis. Kesehatanmu harus selalu menjadi prioritas utama! Mari kita saling bantu dan saling jaga agar kondisi pandemi ini bisa dilewati bersama.

Pastikan kamu minum cukup air agar pencernaan dan aktivitasmu lancar dengan VIT yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko-toko, supermarket, minimarket, atau e-commerce kesukaanmu. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi layanan AQUA Home Service di nomor WhatsApp 0813 8888 8873.. Jadi, sudahkah kamu minum VIT hari ini?

Sumber:

https://www.halodoc.com/artikel/lakukan-5-hal-ini-agar-pencernaan-lancar

https://hellosehat.com/pencernaan/konstipasi/cara-melancarkan-bab-mengatasi-sembelit/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200326174615-255-487265/10-cara-mengatasi-susah-bab-tanpa-konsumsi-obat-pencahar