Ingin Sehat dan Senang Terus Sepanjang Hari? Pencernaan Lancar Kuncinya!

image article

Pencernaan adalah salah satu sistem penting dalam memelihara kesehatan.  Ini adalah proses di mana makanan dan minuman yang kamu konsumsi, akan diolah nutrisinya untuk diserap oleh tubuh. Apabila pencernaanmu sehat, daya tahan tubuh pun meningkat, berat badan terjaga, dan suasana hati akan lebih bahagia.

Itulah sebabnya, banyak orang mencari cara agar pencernaan lancar yang efektif dan dapat dilakukan sehari-hari. Perlu diketahui sebelumnya, cara agar pencernaan lancar tidak harus mahal. Kamu cukup memulainya dengan memenuhi kebutuhan hidrasi atau minum air yang cukup setiap hari.

Walau begitu, banyak minum air seringkali menjadi cara agar pencernaan lancar yang seringkali terlupakan. Apalagi ketika kita sedang berhadapan dengan aktivitas menumpuk. Banyak pula orang yang malah lebih banyak mengonsumsi kopi, teh, dan minuman manis atau olahan yang justru dapat berdampak buruk bagi kesehatan pencernaan.

Di sisi lain, sangat tidak dianjurkan untuk kamu sembarangan memilih air mineral. Jika kamu mengonsumsi air mineral yang belum terjamin kualitasnya, air tersebut justru dapat mengundang bakteri jahat di perut kamu. Alhasil, kamu akan lebih mudah terkena penyakit perut seperti sembelit dan diare.

Itulah sebabnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan standar tentang bagaimana air minum yang baik untuk dikonsumsi. Air mineral tersebut harus melalui uji fisika, kimia, dan mikrobiologi, atau dengan kata lain tidak berbau, berasa, dan mengandung bakteri atau zat berbahaya bagi tubuh. Air mineral yang baik juga mengandung zat-zat seperti Mineral, Kalsium, hingga Magnesium yang amat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari pencernaan, ketangguhan otot dan tulang, serta kesehatan otak.

Di Indonesia ini, salah satu air mineral yang telah memenuhi standar tersebut adalah VIT, yang telah dipercaya sejak tahun 1984. Air mineral VIT menerapkan standar HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) di semua pabriknya. Proses pengemasan dan filtrasi VIT menggunakan teknologi dan pengawasan mutu yang ketat. Maka dari itu, air mineral VIT adalah pilihan pas sebagai cara agar pencernaan lancar. Kamu bisa membeli VIT di supermarket, minimarket, atau toko terdekat, maupun di beberapa e-commerce yang kamu pilih. Harganya pun pas, jadi tidak perlu takut akan mengeluarkan uang berlebih.

Untuk mendapat manfaat optimal, kamu dapat minum air mineral VIT sebanyak kurang lebih 2 liter per hari. Biasakan VIT di pagi hari, segera setelah bangun tidur, karena dapat mencegah gigi berlubang, mengatasi pilek, serta melancarkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Patut diingat, kamu butuh minum air mineral VIT lebih banyak jika merasa kelelahan, sakit, dan kondisi-kondisi tertentu lain di mana tubuh kamu membutuhkan lebih banyak cairan.

Berdasarkan pernyataan dari World Health Organization (WHO) yang senada dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kebutuhan air manusia per hari adalah sekitar 230ml atau 2 liter. Namun patut diingat, kamu butuh minum air mineral VIT lebih banyak jika merasa kelelahan, sakit, dan kondisi-kondisi tertentu lain di mana tubuh kamu membutuhkan lebih banyak cairan. Adapun waktu terbaik untuk mulai minum air menurut situs kesehatan Medical News Today adalah pagi hari, karena dapat membawa banyak manfaat baik seperti merawat gigi dan kulit, serta melancarkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Nah, setelah memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh, cara agar pencernaan lancar yang bisa kamu lakukan adalah memperbanyak konsumsi serat dari sayur dan buah-buahan, rajin berolahraga karena baik untuk metabolisme tubuh, serta beristirahat yang cukup dan teratur. Lakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut terus menerus, maka kamu akan beraktivitas lebih produktif sepanjang hari. Keuntungan ini tentunya akan membantu kamu dalam menghadapi situasi WFH, atau harus bekerja di luar di masa pandemi ini.

Itu dia cara agar pencernaan lancar yang langsung bisa kamu praktekkan mulai hari ini. Yuk, jaga terus kesehatan pencernaanmu bersama VIT! Ajak pula keluarga dan teman-temanmu, ya!

Sumber: