Cegah Sembelit Dengan Air Mineral Agar Pencernaan Lancar

image article

Penyakit sembelit atau sulit buang air besar (BAB) sering kali mengganggu aktivitasmu dan bikin jengkel. Pasalnya, frekuensi BAB yang meningkat drastis akan membuatmu bolak-balik ke WC. Alhasil, kerjaan atau aktivitasmu tidak bisa berjalan dengan optimal. Duh, malesin!

Sembelit tentu berhubungan dengan sistem pencernaan tubuh kamu. Pencernaan yang terganggu, misalnya karena bakteri baik dalam usus yang berkurang atau kurangnya mineral maupun serat, dapat menyebabkan tidak hanya sembelit, melainkan penurunan daya tahan atau imunitas tubuh, sehingga kamu jadi mudah diserang penyakit.

Memang, sudah banyak obat sakit perut yang dijual di pasaran. Tapi, sebelum kamu mengkonsumsi obat-obatan tersebut, alangkah baiknya jika kamu bisa mencegah atau mengobati sembelit secara alami, bukan? Sebab ada banyak cara agar pencernaan lancar dengan mengkonsumsi makanan maupun minuman yang mudah kamu temui.

Sebenarnya, cara untuk mencegah sembelit itu mudah, kok. Berikut beberapa di antaranya:

  1. Mengkonsumsi lebih banyak sayur dan buah-buahan

Sayur dan buah-buahan banyak mengandung serat, yang berfungsi memperlancar BAB. Mengapa bisa begitu? Serat merupakan jenis karbohidrat yang sulit dicerna, sehingga akan melewati usus halus, lalu usus besar, sebelum dikeluarkan dari tubuh.

  1. Jangan makan daging atau makanan yang diproses lain secara berlebihan

Sebaliknya, makanan seperti daging atau makanan yang telah diproses (dalam kemasan) itu rendah akan kandungan serat. Hal ini membuat siklus BAB kamu menjadi lebih terhambat. Kamu tentu butuh nutrisi dari daging, tapi jangan kebanyakan, ya!

  1. Rajin berolahraga

Dengan kamu rutin bergerak dan berolahraga, proses metabolisme tubuh kamu akan berlangsung lebih lancar. Hasil sisa pembakaran lemak dan kalori yang harus dibuang akan membuat sistem ekskresi bekerja lebih optimal.

  1. Menerapkan rutinitas BAB yang teratur

Baik itu di pagi hari maupun setelah makan, menetapkan rutinitas BAB akan membuat tubuhmu terprogram untuk teratur dalam BAB.

  1. Penuhi kebutuhan hidrasi dengan banyak minum air mineral

Ternyata kamu tidak perlu repot-repot mencari cara agar pencernaan lancar, karena salah satu asupan terbaik yang bisa kamu temukan dengan mudah adalah air mineral. Faktanya, air mineral dapat memenuhi kebutuhan hidrasi sekitar 2 liter per hari, sehingga membuat pencernaan kamu bekerja lebih baik, termasuk mengatasi sembelit.

Itu dia 5 cara sederhana untuk mencegah sembelit. Seperti yang sudah disebutkan di atas, untuk langkah awal, kamu bisa memulai dengan banyak minum air mineral untuk melancarkan pencernaan. 

Tetapi jangan sembarang minum air mineral yang belum terjamin. Selalu pilih air mineral yang sudah terjamin kualitasnya. Seperti air mineral VIT yang sudah dipercaya sejak tahun 1984 di Indonesia. Air mineral VIT telah memenuhi syarat SNI yang diberikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan menerapkan standar HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) di semua pabriknya. Proses pengemasan dan filtrasi VIT menggunakan teknologi dan pengawasan mutu yang ketat. Inilah yang membedakan VIT dengan air mineral lainnya.

Kamu dapat menemukan VIT di toko-toko terdekat atau e-commerce kesukaanmu dengan mudah. Buat kamu yang di rumah, ada pula layanan VITSA atau VIT Siap Antar yang berkomitmen mengantar VIT galon tepat waktu dengan kualitas yang tetap terjaga. Layanan VITSA ini juga memberikan dukungan untuk pertumbuhan bisnis yang baik dari tahun ke tahun.

Ayo penuhi kebutuhan air mineral mu dengan VIT! Minum cukup air, pencernaan lancar, jauhi sembelit dan aktivitas sehari-hari kamu pun lancar!

Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/minuman-pelancar-bab-yang-ampuh-atasi-sembelit