Berikut Tips Mudah Melancarkan Pencernaan untuk Jalani Aktivitasmu!

image article

Semakin hari, tren pola hidup sehat terus meningkat. Kita semakin sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Karena dengan tubuh yang sehat, otomatis daya tahan atau imunitas tubuh juga menguat.

Nah, mungkin ada yang belum tahu kalau salah satu faktor terpenting yang berkaitan erat dengan daya tahan tubuh adalah kesehatan pencernaan. Faktanya, 70% komponen sistem kekebalan tubuh ada pada usus. Bakteri baik atau probiotik yang hidup dalam usus bertugas menjaga sistem pencernaan, maupun mengaktifkan imunitas tubuh. Selain itu, apabila pencernaan kamu lancar, proses penyerapan nutrisi pun akan berlangsung optimal. Sehingga gizi dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap hari dapat langsung kamu rasakan manfaatnya.

Lalu bagaimana cara paling efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan? Tulisan kali ini akan membahas tips-tips cara agar pencernaan lancar, yang ternyata sangat mudah kamu dapatkan.

Pentingnya Mengkonsumsi Serat

Barangkali kamu sudah sering mendengar tentang pentingnya mengkonsumsi serat untuk kesehatan pencernaan, FYI, serat merupakan jenis karbohidrat yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan. Karena sulit dicerna, serat harus melalui usus halus, sebelum mencapai usus besar lalu dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk feses. Dengan begitu, sisa kotoran, racun, atau zat-zat yang tidak dibutuhkan akan segera dibuang dari tubuh, dan kamu terhindar dari sembelit.

Serat pun terbukti ampuh meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Beberapa jenis serat bermanfaat menghadirkan "sumber makanan" bagi bakteri baik sehingga mereka dapat terus berkembang.

Kamu dapat mendapatkan serat dari mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Mulai dari kangkung, bayam, apel, pisang, hingga rumput laut. Tentunya, bahan-bahan tersebut dapat dengan mudah kamu temui, bukan?

Banyak Minum Air Mineral 

Tahukah kamu? Ternyata cukup minum air mineral dapat membantu melancarkan pencernaan dan tentunya air mineral sangat mudah kamu temui karena hampir pasti dijual di area perumahan maupun di dekat tempat beraktivitas.

Eits, tapi ingat. Kamu harus pandai memilih air mineral. Air minum yang tidak terjamin kualitasnya alih-alih menjadi salah satu cara agar pencernaan lancar, justru berpotensi mengandung bakteri buruk yang malah bisa membuat sakit perut. Oleh karena itu, pilih VIT sebagai air minum yang sudah memenuhi standar ISO 9001 dan SNI 01- 3553-2006 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta menerapkan standar HACCP di semua pabriknya. Air yang digunakan oleh VIT telah melalui uji fisika, kimia, dan mikrobiologi untuk memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Semua itu dilakukan dengan teknologi serta pengawasan mutu yang ketat.

Rata-rata manusia membutuhkan asupan air mineral sebanyak 2 liter per hari. Terpenuhinya kebutuhan hidrasi harian akan membuat pencernaan lancar dan tubuh lebih segar. Minum air mineral yang cukup juga membantu menurunkan kandungan kalori dalam tubuh, serta mengurangi risiko kenaikan berat badan. Manfaat yang luar biasa, bukan? Tidak heran jika mengkonsumsi air mineral adalah cara paling mudah untuk menjaga kesehatan.

Kamu bisa menemukan VIT di beberapa toko-toko maupun e-commerce kesukaanmu, mulai dari format gelas, botol, dan galon. Harganya pun pas di dompet, jadi kamu ga perlu khawatir bahkan di akhir bulan.

Itu dia tips sederhana agar pencernaan lancar dan kesehatanmu terjaga. Jangan lupa sedia selalu VIT dimanapun kamu berada dan rasakan sendiri manfaatnya!

Sumber: