Apakah Air Alkali Milikmu Berkualitas? Kenali Standar dan Syaratnya!

image article

Air alkali atau air pH tinggi menjadi populer dalam waktu beberapa tahun terakhir sebagai salah satu metode untuk menjaga kesehatan. Sesuai dengan namanya, air minum alkali memiliki kandungan pH yang lebih tinggi dibandingkan air mineral pada umumnya. Kandungan bermacam mineral dan kadar pH yang tinggi di dalamnya membuat air alkali dipercaya bermanfaat dalam membantu mencegah beragam masalah kesehatan. Produk air alkali juga kini semakin mudah didapatkan dimana-mana. Tetapi, banyak pula yang mengklaim produknya sebagai air alkali padahal tidak memiliki indikator pH yang ditetapkan maupun kandungan mineral di dalamnya. Agar tidak terkecoh, mari kenali standar dan syarat dari air alkali!

Apa Sebenarnya pH Dalam Air Minum?

pH atau power hydrogen adalah takaran untuk mengukur kadar relatif ion hidrogen bebas dan ion hidroksil di dalam air. Jika level ion hidrogen bebas tinggi, maka air tersebut dapat dikatakan bersifat asam. Sedangkan, jika jumlah ion hidroksil bebas lebih banyak, maka air itu bersifat basa atau alkali. Skala perhitungan pH dalam air minum dimulai dari angka 0 hingga 14 dengan angka 7 sebagai titik tengah atau netral.

Secara singkat, pH dalam air minum berguna sebagai penentu tingkat keasaman atau basa (alkali) dalam air. Air minum biasa memiliki kandungan pH dengan nilai 7 yang bersifat netral atau seimbang karena tidak memiliki kualitas asam ataupun basa. Kadar pH dalam air minum juga penting dalam mempengaruhi unsur-unsur mineral yang terdapat di dalamnya. Contohnya, logam berat yang terdapat pada air dengan pH rendah (asam) cenderung beracun bagi tubuh dan tidak layak dikonsumsi. Sedangkan, air dengan pH tinggi (basa) dapat membantu dalam proses menurunkan konsentrasi logam berat yang beracun tersebut. Tetapi, pH yang terlalu tinggi juga berbahaya dan tidak layak konsumsi karena dapat merusak proses penyaluran air.

Berapa Standar pH Pada Air Alkali?

Berdasarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Standar Nasional Indonesia (SNI) kadar pH dalam air minum dapat disebut sebagai air alkali jika memiliki pH antara 8,5 hingga 9,97. Kadar pH yang tinggi dalam air minum alkali bermanfaat untuk menghidrasi tubuh secara efektif akibat kehilangan cairan yang disebabkan oleh aktivitas fisik seperti olahraga. Karena sifatnya yang basa, air alkali dapat kembali menetralkan kondisi tubuh yang asam akibat dehidrasi kembali ke angka normal.

Tingginya kadar pH yang dimiliki air alkali disebabkan oleh proses pembuatannya yang terbagi ke dalam dua jenis: Pertama, air alkali diambil langsung dari sumber mata air yang memiliki banyak bebatuan sehingga memungkinkan terjadinya proses penyerapan lebih banyak mineral untuk meningkatkan kadar pH. Kedua, dilakukannya proses ionisasi sehingga air tersebut memiliki kandungan kalsium, silika, potassium, magnesium, dan bikarbonat. Selain kandungan mineral, air minum alkali juga memiliki potensi reduksi oksidasi negatif di dalamnya yang berperan sebagai antioksidan.

VIT 8+, Air Alkali Berkualitas dan Terpercaya

Setelah dipercaya di Indonesia selama lebih dari 30 tahun, VIT meluncurkan produk terbarunya dalam kategori air mineral alkali yang dinamakan VIT 8+ (VIT Eight Plus). Produk ini kembali menguatkan komitmen VIT dalam menghadirkan air berkualitas tinggi kepada masyarakat. VIT 8+ diciptakan dari air mineral VIT yang kualitasnya terpercaya, dan diproses melalui sistem filtrasi tiga tahap. Proses tersebut diakhiri dengan ionisasi khusus yang menghilangkan ion asam dari air melalui elektrolisis.

Bagi kamu yang memiliki gaya hidup aktif, saatnya menambahkan VIT 8+ sebagai air yang kamu konsumsi setiap hari. Adapun waktu terbaik untuk minum VIT8+ adalah pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum beristirahat untuk menyeimbangi harimu. Alasannya, di pagi hari tubuh membutuhkan hidrasi yang efisien untuk memulai kesibukan dan menyegarkan diri sebelum beraktivitas. Sedangkan malam hari adalah waktu yang tepat untuk rehidrasi setelah semua cairan yang terbuang akibat aktivitas yang dijalankan. 

Tertarik mencoba manfaat air alkali VIT 8+? Dapatkan di Indomaret, Alfamart, Alfamidi atau e-commerce seperti Tokopedia, Klikindomaret atau Alfagift!

Sumber: