Apa Hubungan Pencernaan dengan Work-Life Balance? Berikut Jawabannya!

image article

Sistem kerja work from home atau bekerja dari rumah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mengurangi waktu perjalanan dan biaya yang dikeluarkan untuk mencapai tempat kerja menjadi salah satunya. Namun, dampak buruk yang dimunculkan juga cukup membuat banyak orang khawatir.

Bekerja dari rumah mengaburkan batasan antara kehidupan kerja dan kehidupan di rumah yang sebelumnya dipisahkan oleh lokasi berbeda. Keadaan tersebut kemudian memunculkan istilah work-life balance yang berarti keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Menurut majalan Forbes, work-life balance berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam memenuhi gaya hidup melalui pekerjaan yang dilakukan. Kehilangan work-life balance dapat mengganggu hubungan sosial seseorang yang dapat berujung pada perasaan gelisah, kesepian, dan berkuranganya rasa percaya diri.

Rasa jenuh dan bosan dan tuntutan untuk kerja terus menerus malahan bisa membuat produktivitas menurun, kehilangan konsentrasi, tidak memiliki motivasi, dan cepat lelah. Tidak adanya work-life balance kerap membuat stres berlebih yang dapat berpengaruh pada daya tahan fisik sehingga sulit untuk mencegah berbagai macam gangguan kesehatan.

Kaitan Work-Life Balance dan Pencernaan 

Salah satu faktor terpenting yang berkaitan erat dengan daya tahan tubuh adalah kesehatan pencernaan. 70% komponen sistem kekebalan tubuh terdapat pada usus dalam wujud bakteri baik atau probiotik yang bertugas untuk menjaga sistem pencernaan dan mengaktifkan imunitas tubuh. Susunan bakteri dalam usus juga mempengaruhi kesehatan emosional. Saluran pencernaan dalam tubuh kita ternyata sangat sensitif terhadap gejolak emosi. Hal ini membuktikan bahwa otak dan sistem pencernaan sangat berkaitan, sehingga gangguan pencernaan yang kamu alami bisa jadi akibat dari rasa stres, cemas, atau depresi.

Kondisi work-life balance yang tidak tercapai juga dapat menimbulkan efek stres berkepanjangan. Stres yang dirasakan dalam waktu lama juga dapat memicu masalah pencernaan yang lebih kronis seperti GERD dan iritasi usus besar. Belum lagi jika kamu tidak memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi yang malah akan memperburuk kondisi kesehatan fisik dan mentalmu.

Mewujudkan Work-Life Balance Demi Kesehatan Fisik dan Mental

Menerapkan work-life balance akan memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan fisik dan mental kamu dalam jangka panjang. Kamu bisa memulainya dengan memberikan batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi lewat manajemen waktu yang baik. Tentukan jam kerja yang pasti dan hindari kebiasaan menunda pekerjaan agar kamu bisa mendapatkan lebih banyak waktu luang untuk dirimu sendiri dan orang-orang terdekat.

Jangan malu untuk meminta bantuan orang lain ketika kamu sudah merasa pekerjaanmu terlalu berat. Berikan pengertian juga jika kamu sedang membutuhkan waktu untuk diri sendiri. Isi juga waktu luang yang kamu miliki dengan kegiatan yang menyenangkan atau sekadar untuk bersantai agar kamu bisa lebih semangat dalam menjalani pekerjaan di kemudian hari.

Mulai terapkan pola hidup sehat sebagai penunjang work-life balance. Olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, dan istirahat yang cukup penting untuk membantu kamu mendapatkan energi, menjaga tubuh tetap sehat, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan lewatkan untuk menjaga hidrasi tubuh dengan banyak minum air mineral yang  juga dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga sistem imun tubuhmu tetap terjaga.

Pilih air mineral berkualitas seperti VIT yang sudah memenuhi standar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta menerapkan standar HACCP di semua pabriknya. Air mineral VIT juga telah melalui uji fisika, kimia, dan mikrobiologi serta pengawasan mutu yang ketat untuk senantiasa memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. VIT kini hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari VIT Galon untuk kebutuhan di rumah bersama keluarga, hingga VIT botol ukuran 1,5L, 550ml, 330ml, 220ml, dan VIT gelas yang dapat kamu konsumsi sesuai kebutuhan serta aktivitas kamu.

Temukan VIT di supermarket, minimarket maupun toko-toko terdekat atau pesan melalui e-commerce favoritmu dalam format gelas, botol, dan galon dengan harga yang pas di dompet.

Tetap jaga kesehatan dan luangkan waktu untuk dirimu sendiri, ya! Jangan lupa untuk selalu sedia VIT dimanapun kamu berada dan rasakan manfaatnya!


Sumber: