Air Minum yang Baik Ampuh Bikin Pencernaan Sehat? Berikut Penjelasannya!

image article

Sebagai makhluk yang 70% tubuhnya terdiri air, air mineral merupakan komponen terpenting dalam hidup. Kita harus memenuhi kebutuhan hidrasi setiap harinya agar organ-organ dalam tubuh dapat berfungsi secara sehat dan optimal. Jika kita kekurangan cairan masuk, tubuh akan mengambil cadangan air dari organ lain yang otomatis merusak keseimbangan dan kinerja organ-organ tersebut.

Salah satu kinerja atau proses tubuh yang penting kita jaga adalah pencernaan. Di sini, makanan dan minuman yang kita konsumsi diolah nutrisinya untuk diserah oleh tubuh. Maka apabila pencernaan terganggu, otomatis tidak hanya perut, tapi juga organ-organ lain seperti jantung, ginjal, hingga otak. Kamu tentu tidak ingin, bukan, terkena penyakit seperti sembelit atau gagal ginjal?

Pencernaan yang sehat juga terbukti meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini sangat penting mengingat situasi pandemi belum usai sepenuhnya sampai hari ini.

Lalu, apa saja yang menjadi ciri pencernaan tidak sehat?

  1. Proses buang air yang tidak teratur

Setiap orang memang memiliki waktu buang air yang berbeda-beda. Itu wajar, asalkan teratur. Apabila kamu tiba-tiba buang air terlalu sering atau terlalu jarang, bisa jadi itu tanda kamu terkena penyakit sembelit atau diare.

  1. Berat badan yang tidak ideal

Perubahan berat badan yang ekstrim seringkali terjadi lantaran usus tidak maksimal untuk menyerap zat gizi. Hal ini bisa disebabkan oleh terganggunya jumlah bakteri baik dalam usus. 

  1. Suasana hati yang tidak baik

Faktanya, otak dan pencernaan sangatlah berhubungan. Maka jika kamu sering mengalami mood yang berubah secara drastis, sangat mungkin itu berhubungan dengan pencernaan yang tidak sehat.

  1. Kulit mengalami iritasi

Jaringan sel yang terdapat pada kulit dan usus sama-sama sensitif dalam menyerap cairan. Itulah sebabnya, jika kulit kamu mengalami penuaan dini atau iritasi, bisa jadi pencernaanmu pun sedang tidak berfungsi dengan baik.

  1. Rambut mudah rontok

Mirip dengan poin sebelumnya, orang yang mengalami gejala radang usus biasanya dapat dilihat dari rambut yang tipis atau mudah rontok.

Maka untuk mencegah tanda-tanda di atas, kita membutuhkan cara paling efektif untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ternyata, tidak sulit, kok. Langkah awal adalah memenuhi kebutuhan hidrasi setiap hari dengan air minum yang baik.

Perlu diketahui, maksud dari  air minum yang baik di sini adalah air yang telah teruji kualitasnya, baik itu secara fisika, kimia, dan mikrobiologi. Standar ini sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Air minum yang baik juga merupakan air mineral, yang berasal dari mata air pegunungan dan mengandung mineral, kalsium, magnesium dan zat-zat lain yang alami dan baik untuk tubuh.

Nah, menemukan air minum yang baik itu tidak susah, kok. Ada VIT yang telah menemani dan dipercaya di Indonesia sejak tahun 1984. Air mineral VIT telah melalui proses filtrasi dan desinfeksi sehingga terhindar dari kuman atau bakteri berbahaya. Pada setiap pabrik VIT juga menerapkan  parameter kontrol berkualitas yang memantau dari pengelolaan bahan baku hingga produk jadi secara ketat. Kamu bisa membeli VIT di toko-toko terdekat maupun di beberapa e-commerce yang bisa diakses lewat handphone kamu. Mudah, bukan?

Sekarang kamu sudah tahu cara mudah untuk menjaga kesehatan pencernaan. Lengkapi harimu dengan pola makan sehat, rajin berolahraga, istirahat yang teratur, dan minum air minum berkualitas seperti VIT untuk hidup yang terasa lebih baik dan bahagia!

Ayo minum VIT setiap hari!


Sumber:

https://hellosehat.com/pencernaan/tanda-pencernaan-sehat/