7 Jenis Makanan dan Minuman Agar Pencernaan Lancar Yang Mudah Didapatkan!

image article

Mengalami gangguan pencernaan bisa jadi pengalaman paling tidak enak dan menyusahkan. Berdiam lama di kamar mandi atau bahkan bolak-balik ke kamar mandi tidak hanya mengganggu aktivitas tapi juga menguras energi. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Salah satu gangguan pencernaan paling umum adalah konstipasi atau sembelit. Konstipasi biasanya disebabkan oleh proses pencernaan yang tidak lancar sehingga makanan perlu waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh sistem pencernaan. Faktor pendukung yang mengakibatkan konstipasi di antaranya adalah kurang minum air, kurang konsumsi makanan berserat, hingga stres. Pencernaan tidak lancar juga bisa berpengaruh pada fungsi organ lainnya yang membuat tubuh tidak dapat bekerja secara optimal.

Jangan khawatir, pencernaan tidak lancar dapat dicegah dengan hal-hal sederhana tanpa konsumsi obat. Hal yang paling utama adalah memperhatikan konsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu melancarkan pencernaan serta memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh secara keseluruhan.

Berikut beberapa makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi agar pencernaan lancar:

  1. Pepaya

Pepaya seringkali dikonsumsi sebagai “obat alami” untuk sembelit oleh sebagian orang. Pepaya sendiri memiliki banyak nutrisi dan serat seperti Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Kalium, Kalsium, Magnesium, Karbohidrat, dan Papain. Dalam 100 gram buah pepaya, terdapat 1,3 gram serat yang berguna untuk mengatasi sembelit atau melancarkan proses pencernaan. Kandungan papain dalam pepaya juga berfungsi untuk mengurai protein dalam usus sehingga makanan dapat dicerna dengan baik.

  1. Alpukat

Alpukat ternyata memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yakni mencapai 2,2 gram per 100 gram berat buahnya. Kandungan serat yang dimiliki alpukat berguna untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, alpukat memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah malnutrisi. Tidak hanya berguna bagi kelancaran proses pencernaan, alpukat juga banyak digunakan untuk terapi kecantikan seperti masker wajah hingga membantu terapi regenerasi sel darah merah pada penderita anemia.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli memiliki nutrisi yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Sayuran hijau memiliki kandungan sulfoquinovose yang dapat memberi makan bakteri sehat di dalam usus yang dapat membantu proses kelancaran pencernaan.

  1. Tempe

Tempe yang dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi mengandung probiotik atau bakteri baik yang dapat membuat melindungi lapisan di dalam usus dari bakteri berbahaya. Probiotik yang terdapat di dalam tempe juga dapat membantu meringankan sembelit, mencegah diare, mengurangi kembung, dan membantu frekuensi BAB lebih teratur.

  1. Yogurt

Seperti tempe, yogurt juga memiliki probiotik yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan melancarkan proses pencernaan. Produk yogurt yang dijual di pasaran kebanyakan telah mengandung probiotik yang berguna bagi tubuh. Kamu juga bisa membuat yogurt buatan sendiri di rumah, lho!

  1. Teh Jahe Merah

Salah satu kandungan pada jahe merah adalah phenolic yang berguna untuk membantu melancarkan pencernaan. Phenolic bekerja untuk meredakan gejala iritasi pada sistem pencernaan, mencegah kontraksi pada perut, dan memudahkan proses pencernaan. Selain itu, jahe merah yang dikonsumsi dalam bentuk teh juga mampu membantu untuk mengeluarkan gas berlebih di dalam tubuh.

  1. Air Mineral

Sederhana namun tidak kalah penting, air mineral! Tubuh yang memiliki asupan cairan yang cukup nyatanya dapat berdampak pada proses kelancaran pencernaan dan kesehatan sistem pencernaan. Kamu bisa memilih air minum berkualitas seperti VIT yang telah dipercaya sejak tahun 1984 di Indonesia dan telah memenuhi syarat SNI dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga kualitas dan manfaatnya sudah teruji. Proses pengemasan dan filtrasi VIT pun menggunakan teknologi dan pengawasan mutu yang ketat untuk menyajikan kamu air minum berkualitas.

Itu dia 7 makanan dan minuman yang bisa kamu konsumsi agar pencernaan lancar. Selalu jaga kesehatan dan konsumsi air minum VIT secara teratur yang bisa kamu dapatkan melalui toko terdekat atau layanan e-commerce favoritmu. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi layanan AQUA Home Service di nomor Whatsapp 0813 8888 8873 untuk mendapatkan VIT diantar langsung ke rumahmu!


Sumber: