5 Tips Melancarkan Pola Hidup Sehat yang Harus Kamu Tahu!

image article

Di tengah situasi pandemi yang berujung pada PPKM hari ini, orang-orang kembali marak membicarakan tentang pola hidup sehat. Hal ini tentu pertanda baik karena berarti masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh untuk terhindar dari bahaya virus. Namun sebelum itu, apakah kamu sudah benar-benar mengetahui pengertian pola hidup sehat dan cara menerapkannya? Mari kita bahas!

Menurut para pakar di bidang kesehatan, pola hidup sehat tidak selalu hanya berhubungan dengan kesehatan jasmani, tapi juga rohani. Seperti yang dikatakan oleh dokter spesialis gizi, Cindiawaty Pudjiadi, pola hidup sehat lebih dari “sekadar” makan, tidur dan olahraga, tapi juga kondisi secara keseluruhan, meliputi fisik, mental dan spiritual.

Dengan menjalankan pola hidup sehat, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat bagi tubuh. Mulai dari produktivitas yang meningkat, stamina dan energi yang terjaga, regenerasi dan metabolisme sel yang optimal, meningkatkan kesehatan kulit maupun berat badan, hingga tentunya memperkuat daya tahan tubuh. Itulah sebabnya, pola hidup sehat adalah konsep yang harus terus dilakukan. Bukan hanya demi kesehatan di tengah pandemi saja, tapi juga kelangsungan hidup secara keseluruhan.

Sayangnya, masih banyak orang yang abai atau tidak tahu cara menjalankan pola hidup sehat. Banyak orang menganggap, mewujudkan pola hidup sehat membutuhkan biaya yang besar atau usaha yang rumit. Kenyataanya tidak seperti itu. Kamu bahkan bisa melakukannya dari rumah, asalkan memiliki sikap konsisten dan tahu cara menjalankannya secara efektif. Berikut 5 tips melancarkan pola hidup sehat yang harus kamu ketahui:

Mengonsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Apakah makanan sehat berarti mahal? Tentu tidak! Faktor yang paling penting bukanlah harganya, tetapi pengetahuan tentang kadar nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kamu. Coba mulai dengan mendata makanan yang kamu konsumsi setiap harinya. Dengan begitu, kamu bisa menghitung kadar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, sekaligus mengelola kadar kalori dan gula.

Selain itu, metode pengolahan makanan pun perlu diperhatikan. Kamu dianjurkan menghindari makanan instan yang banyak mengandung pengawet, gorengan, dan makanan manis. Usahakan mengonsumsi makanan yang dimasak secara dikukus atau direbus agar kualitas gizinya tetap maksimal. Oh iya, pastikan jam makan kamu teratur setiap hari, ya!

Selalu Menyempatkan Diri untuk Berolahraga

Kesibukan yang menumpuk, ditambah sulitnya membagi waktu bekerja dan kehidupan pribadi, seringkali menjadi alasan orang untuk tidak berolahraga. Padahal, kamu cukup berolahraga dengan intensitas ringan secara rutin untuk menjaga daya tahan tubuh. Olahraga dapat membuat peredaran darah menjadi lancar, serta menguatkan otot dan tulang.

Untuk olahraga di rumah, kamu bisa mulai dengan gerakan-gerakan sederhana yang kamu sukai seperti sit-up, push up, atau squat yang bisa dilakukan di dalam rumah. Usahakan untuk berolahraga dengan durasi total 150 menit setiap pekan untuk mendapatkan hasil yang baik.

Merawat Kesehatan Mental

Membicarakan pola hidup sehat bukan hanya soal fisik, tapi juga mental. Selama situasi PPKM ini, kamu perlu mengelola kesehatan mentalmu dengan menjauhi hal-hal yang dapat membuat stress. Misalnya, meminimalisir waktu dengan media sosial, dan menerapkan work-life balance atau pembagian waktu antara bekerja dan kehidupan pribadi.

Tentunya, hal-hal tersebut harus diimbangi dengan istirahat yang cukup dan berkualitas. Usahakan jam tidur dan bangunmu selalu konsisten setiap hari. Apabila kamu merasa sulit tidur, kamu dapat menghindari minuman kafein, menggunakan aromatherapy, mandi air hangat, dan membaca buku atau mendengarkan musik agar tubuh lebih tenang.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Meski dalam skala kecil, tindakan membersihkan lingkungan seperti mengelola sampah dapat berakibat baik untuk kesehatan kamu. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya risiko penyakit, sekaligus suasana hati yang lebih tenang dan segar.

Memenuhi Kebutuhan Hidrasi Setiap Hari

Sebagai makhluk yang sebagian besar tubuhnya terdiri dari air, penting bagi kita untuk menjaga kebutuhan hidrasi setiap hari. Biasakan minum air mineral sebanyak 2 liter per hari agar pencernaanmu lebih baik. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari penyakit perut seperti sembelit, sehingga kebugaran fisik dan mentalmu tetap terjaga. Minum air mineral juga dapat menekan asupan kalori dan mengurangi risiko kenaikan berat badan.

Pilih air mineral berkualitas seperti VIT, yang sudah terjamin mutunya selama lebih dari 30 tahun. Dengan menerapkan standar HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) di semua pabriknya, air mineral VIT telah melewati uji fisika, kimia, dan mikrobiologi untuk memastikan terpenuhinya standar kualitas yang telah ditetapkan. VIT juga bisa ditemukan di toko-toko atau e-commerce kesukaan kamu. Jadi, sedia VIT di tempat-tempat aktivitasmu agar kamu selalu ingat untuk memenuhi kebutuhan hidrasi setiap hari!

Itu dia 5 tips melancarkan pola hidup sehat yang bisa kamu lakukan. Berkaitan dengan poin terakhir, kamu bisa mendapatkan VIT dengan mudah di toko-toko atau e-commerce favoritmu. Kamu juga bisa menghubungi AQUA Home Service di nomor WhatsApp 0813 8888 8873. Ayo jaga terus kesehatan, patuhi protokol kesehatan, dan saling membantu selama masa PPKM ini. Jangan lupa lengkapi pola hidup sehat kamu dengan minum VIT setiap hari, ya!

Sources:

https://www.sehatq.com/artikel/8-cara-hidup-sehat-yang-mudah-dilakukan-tapi-sering-diabaikan

https://www.halodoc.com/kesehatan/hidup-sehat

https://www.merdeka.com/jabar/pengertian-pola-hidup-sehat-menurut-para-ahli-perhatikan-manfaat-dan-penerapannya-kln.html