5 Metode Pengolahan Air Minum yang Baik untuk Jaga Kesehatan Kamu!

image article

Tubuh kita membutuhkan kurang lebih dua liter cairan yang didapatkan dari konsumsi air minum secara teratur setiap harinya. Selain menjadi salah satu kebutuhan dan kewajiban utama dalam menjalani hidup sehari-hari, minum air juga berpengaruh penting dalam menjaga kesehatan tubuh kamu.

Lalu, apakah semua air bisa diminum? Belum tentu! Memilih air minum yang baik untuk tubuh kamu bukan perkara sederhana. Tidak semua air putih yang ada di sekitaran kamu selalu baik bagi tubuh, bahkan setelah dimasak. Kualitas dan kandungan yang tidak terjamin malah bisa mendatangkan penyakit alih-alih menjaga kesehatan. Air minum yang kebanyakan dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu air putih biasa dan air mineral. Lalu, apa yang membedakan keduanya? Air putih biasanya didapatkan dari sumur atau danau, sedangkan air mineral diambil dari mata air pegunungan yang kaya akan mineral alami. Air putih yang didapatkan dari sumber tanah biasanya melalui serangkaian penyaringan agar layak untuk dikonsumsi, sebaliknya air mineral tidak mengalami terlalu banyak proses penyaringan sehingga manfaat yang terdapat di dalamnya tidak terganggu.

Dalam memilih air mineral pun tidak boleh sembarangan! Penting untuk memilih air mineral dalam kemasan yang aman dikonsumsi dan telah terpercaya mulai dari proses produksi hingga sampai ke tangan kita sebagai konsumen. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492 Tahun 2010, air minum yang baik harus lulus uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang memenuhi tiga syarat, yakni Fisik, Kimiawi, dan Mikrobiologi. Air minum yang baik juga seharusnya tidak berwarna dan berbau, tidak memiliki rasa, tidak mengandung zat kimia beracun, dan terbebas dari bakteri berbahaya yang dapat menjadi penyebab sakit perut atau diare.

Tak hanya harus lulus uji, metode pengolahan air mineral dalam kemasan sebagai air minum yang baik juga harus diperhatikan. Apa saja sih yang membuatnya menjadi air minum yang baik? Simak berikut ini:

  1. Pengambilan Air Minum dari Sumber Air

Bahan baku air minum, terutama air mineral dalam kemasan harus berasal dari sumber air yang telah memenuhi syarat kesehatan sesuai ketentuan perundang-undangan. Sumber air dimana air minum didapatkan juga harus memenuhi kesehatan, seperti terletak jauh dari saluran limbah, septic tank, kandang hewan, dan bebas dari pencemaran lingkungan.

  1. Penyaringan Air

Air yang sudah diambil dari sumbernya kemudian melewati tahap penyaringan atau filtrasi. Peralatan yang dipakai juga harus memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan.

  1. Disinfeksi

Disinfeksi merupakan tahapan penting dalam proses pengolahan air mineral. Tahapan ini bertujuan untuk membersihkan air dari bakteri yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

  1. Pembersihan Kemasan

Pemerintah juga mengatur ketentuan pembersihan kemasan baik yang sekali pakai maupun yang dipakai secara berulang seperti galon. Untuk kemasan yang bisa dipakai ulang wajib dilakukan pemeriksaan secara visual dengan teliti sebelum proses pencucian.

  1. Pengisian dan Penutupan

Sebelum akhirnya siap untuk didistribusikan kepada konsumen, air mineral kemudian melalui tahapan terakhir yaitu pengisian dan penutupan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan dan harus dilakukan dengan cara yang higienis dalam ruangan yang bersih dan terjaga sanitasinya sehingga tidak terkontaminasi oleh bakteri dan kotoran dari luar.

Itu dia 5 metode pengolahan air minum yang baik untuk dikonsumsi. Tidak hanya itu, segala produk air mineral yang akhirnya sampai ke konsumen juga wajib memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) maka dari itu setiap perusahaan air mineral harus memiliki laboratorium pengawasan mutu untuk memenuhi persyaratan tersebut. 

Salah satu air mineral yang sudah terjamin mutunya selama 30 tahun adalah VIT. Dengan menerapkan standar HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) di semua pabriknya, air mineral VIT telah melewati uji fisika, kimia, dan mikrobiologi untuk memastikan terpenuhinya standar kualitas yang telah ditetapkan. VIT juga memiliki proses filtrasi terkontrol yang merupakan proses unik sehingga membedakan VIT dengan merk lainnya.

Bagaimana? Sudah tidak sabar untuk merasakan khasiat air minum yang baik untuk jaga kesehatan kamu? Ayo minum VIT dan rasakan sendiri manfaatnya! Kamu bisa mendapatkan VIT di toko-toko terdekat atau di beberapa e-commerce andalanmu. Yuk, ajak keluarga dan teman-temanmu untuk minum VIT setiap hari!

Sumber: