5 Manfaat Air Alkali yang Bikin Tubuh Sehat dan Bahagia Terus!

image article

Cairan mendominasi 60-65% kandungan dalam tubuh manusia. Besarnya persentase tersebut menandakan bahwa cairan menjadi aspek paling penting dalam menjalankan fungsi tubuh untuk bekerja secara optimal. Oleh karena itu, tubuh perlu terhidrasi dengan baik melalui konsumsi cairan yang cukup setiap harinya.

Saat tubuh tidak terhidrasi dengan baik, kandungan pH dalam tubuh akan terganggu keseimbangannya. Dilansir dari Medicine Net, kadar pH tubuh yang normal berkisar pada 7,35 sampai 7,45. Jika kadar pH dalam tubuh kurang atau berlebih dari rentang angka tersebut, tubuh akan mengalami beberapa gangguan seperti sakit kepala, mual, gangguan pencernaan, hingga gangguan fungsi organ lainnya. Cara cepat yang bisa dilakukan untuk menetralkan kandungan pH dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi air yang memiliki kadar pH tinggi atau yang sering disebut dengan air alkali.

Sesuai dengan namanya, air pH tinggi atau air alkali memiliki kandungan pH yang lebih tinggi dibandingkan air mineral biasa. Air alkali memiliki tingkat pH atau keasaman di atas angka 8, sedangkan air mineral biasa pada umumnya memiliki pH netral di angka 7. Tingkat pH dalam air alkali yang tinggi disebabkan oleh proses ionisasi yang membuatnya mengandung lebih banyak mineral seperti kalsium, silika, potassium, magnesium, dan bikarbonat. Tidak hanya mengandung banyak mineral, air alkali juga memiliki ORP atau oxidation reduction potential yang negatif sehingga memiliki lebih banyak kandungan antioksidan dibandingkan air mineral biasa yang bermanfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh.

Apa saja manfaat air alkali bagi kesehatan tubuh? Berikut lima di antaranya:

1. Melancarkan Peredaran Darah

Tubuh yang terhidrasi dengan baik memiliki pengaruh besar dalam proses peredaran darah. Darah yang memiliki kandungan air yang cukup di dalamnya akan lebih mudah untuk dialirkan dan diedarkan ke seluruh tubuh oleh jantung, sebaliknya jika tubuh dehidrasi darah akan mengental dan memperlambat proses peredarannya. Melansir studi yang dimuat dalam Journal of The International of Sports Nutrition pada tahun 2016, tingkat kekentalan darah pada orang yang minum air alkali cenderung menurun hingga 6,3% dibandingkan orang yang mengkonsumsi air mineral biasa. Hal tersebut membuktikan bahwa air alkali atau air yang mengandung pH tinggi dapat secara efektif menghidrasi tubuh sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar.

2. Membantu Mengendalikan Tekanan Darah dan Kadar Gula Darah

Dalam penelitian yang diterbitkan melalui Shanghai Journal of Preventive Medicine di tahun 2010, para peneliti menemukan manfaat air alkali pada penderita hipertensi, kolesterol, dan diabetes melalui terapi konsumsi rutin air alkali selama tiga sampai enam bulan. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa air alkali berperan dalam menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, dan lipid (lemak) dalam darah secara drastis. Bahkan, air alkali membuat hasil pengukuran dari para penyandang kondisi tersebut kembali ke angka normal. Air alkali kini banyak digunakan sebagai salah satu komponen dalam terapi hipertensi, diabetes, dan hiperlipidemia (kondisi ketidakseimbangan lemak dalam darah) di samping pengobatan medis dan pengawasan dokter.

3. Menjaga Keasaman dalam Tubuh

Kadar asam atau pH dalam tubuh yang tidak seimbang dapat menimbulkan gangguan fungsi tubuh mulai dari sakit kepala, gangguan pencernaan, hingga gangguan fungsi organ tubuh lainnya. Kelebihan atau kekurangan kadar asam dalam tubuh dapat disebabkan oleh kurangnya hidrasi terhadap tubuh. Air alkali yang memiliki kadar pH tinggi dapat menetralkan kondisi tersebut sekaligus menghidrasi tubuh secara cepat dan efektif. Kadar asam tubuh yang seimbang juga ternyata dapat membantu mengurangi asam lambung dan konon dapat mengurangi kemungkinan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dan bikarbonat dalam air alkali yang tinggi bermanfaat untuk membantu menghambat proses resorpsi tulang. Resorpsi tulang sendiri merupakan proses pemecahan sel-sel tulang lama menjadi sel-sel tulang yang baru. Semakin sedikit proses pemecahan sel yang terjadi, tulang kamu justru akan semakin kuat dan sehat. Meskipun dapat membantu menjaga kesehatan tulang, masih diperlukan analisis dan studi lebih lanjut untuk membuktikan manfaat air alkali dalam mencegah osteoporosis.

5. Menyehatkan dan Merawat Kulit Wajah

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh dari dalam, air alkali juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan dari luar salah satunya pada kulit wajah. Penggunaan air alkali sebagai pengganti air biasa untuk membasuh muka dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi flek hitam maupun noda jerawat. Kamu juga dapat menggunakan air alkali sebagai alternatif face mist yang bisa digunakan sehari-hari untuk membantu melembabkan dan menghidrasi wajah.

Itu dia 5 manfaat air alkali atau air pH tinggi bagi tubuh. Ternyata banyak sekali manfaatnya, bukan? Jika kamu ingin mulai untuk mengkonsumsi air alkali secara rutin, pastikan kamu memilih produk air alkali yang sudah terjamin kualitasnya.

Pilih VIT 8+, produk terbaru dari VIT yang hadir sebagai bukti dari VIT dalam memperkuat komitmen untuk senantiasa menghadirkan air berkualitas tinggi bagi masyarakat. VIT 8+ diciptakan dari air mineral VIT dengan kualitas terpercaya dan diproses melalui sistem filtrasi tiga tahap. Proses tersebut kemudian diakhiri dengan proses ionisasi khusus untuk menghilangkan ion asam dari air melalui proses elektrolisis.

Melalui produk VIT 8+, kamu bisa mendapatkan air alkali atau air pH tinggi dengan harga terjangkau dan mudah untuk didapatkan. Konsumsi VIT 8+ secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Minum satu botol di pagi hari untuk memulai aktivitas harian dan satu botol di malam hari untuk rehidrasi tubuh untuk mengganti cairan yang keluar saat beraktivitas.

Dapatkan VIT 8+ di Indomaret, Alfamart, Alfamidi, atau pesan secara online melalui Tokopedia, KlikIndomaret, dan Alfagift. Jangan lupa untuk sebarkan berita baik ini ke keluarga maupun kerabat terdekat. Mari hidup sehat bersama VIT!


Additional Source: