5 Jenis Minuman yang Bantu Lancarkan Pencernaan

image article

Di masa PPKM penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal. Salah satu tandanya adalah proses metabolisme yang baik salah satunya adalah sistem pencernaan yang lancar. Tetapi, seringkali kita tidak menyadari sistem pencernaan sedang terganggu hingga akhirnya terasa sakit dan berujung sembelit. Saat pencernaanmu tidak sehat, kamu dapat merasa lemas dan kekurangan cairan yang menyebabkan daya tahan tubuhmu berkurang hingga rentan sakit.

Untuk mengembalikan proses pencernaan kembali lancar, biasanya orang-orang mengonsumsi obat-obatan. Meskipun hasil yang didapatkan mudah dan cepat, konsumsi obat yang berlebih dapat menghasilkan beberapa efek samping dan efek ketergantungan yang tidak baik untuk tubuh bagi beberapa orang. Terdapat cara alami untuk melancarkan pencernaanmu, salah satunya adalah melalui konsumsi minuman yang bisa kamu dapatkan dengan mudah atau diracik sendiri di rumah.

Berikut ini 5 minuman pelancar pencernaan yang bisa kamu buat sendiri di rumah selama PPKM berlangsung:

Air Perasan Lemon

Lemon merupakan salah satu buah-buahan yang mengandung kadar Vitamin C tinggi. Vitamin C memiliki antioksidan yang mampu menarik air ke dalam usus dan membantu melancarkan proses pencernaan yang terganggu. Kamu bisa mengkonsumsi air perasan lemon secara langsung atau dicampur dengan air putih untuk mengurangi kadar asamnya.

Teh Jahe

Jika kamu merasakan sembelit yang terjadi akibat gangguan pencernaan, teh jahe dapat menjadi solusi yang tepat. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam jahe dapat membantu mengatasi iritasi pada sistem pencernaan yang terganggu. Potong tipis ruas jahe dan rebus di dalam air selama 10 hingga 15 menit lalu saring sarinya untuk kemudian kamu minum. Jika rasanya terlalu kuat atau pedas, kamu bisa menambahkan perasan lemon atau madu ke dalamnya.

Jus Apel

Mineral dan vitamin yang terdapat dalam buah apel dapat membantu kamu saat mengalami kesulitan buang air besar. Selain itu, apel juga memiliki kandungan pektin yaitu serat yang larut dalam air dan bisa melancarkan proses pencernaan. Jus apel yang menyegarkan dengan kandungan serat dan vitamin yang tinggi bisa menjadi pilihan yang enak dan juga bermanfaat sebagai minuman pelancar pencernaan.

Jus Pir

Selain buah apel, buah pir juga memiliki kandungan serat tinggi yang dapat membantu kamu melancarkan sembelit. Kandungan sorbitol di dalam buah pir dinilai ampuh untuk melunakkan kotoran di dalam usus sehingga mudah dikeluarkan. Campurkan pir dengan sedikit perasan jeruk nipis untuk menambah kesegarannya.

Air Mineral

Racikan minuman menggunakan buah-buahan atau rempah memang dapat menjadi pilihan saat kamu sedang mengalami pencernaan yang terganggu. Tetapi, jenis minuman paling utama yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatannya adalah air mineral. Konsumsi air mineral secara rutin sebanyak 2 liter per hari dapat memenuhi kebutuhan hidrasimu dan menjaga kesehatan tubuh dari dalam.

Kamu bisa memilih air minum berkualitas seperti VIT yang telah dipercaya sejak tahun 1984 di Indonesia dan telah memenuhi syarat SNI dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga kualitas dan manfaatnya sudah teruji. Proses pengemasan dan filtrasi VIT pun menggunakan teknologi dan pengawasan mutu yang ketat untuk menyajikan kamu air minum berkualitas.

Itu dia 5 jenis minuman alami yang bisa bantu melancarkan pencernaan dan bisa kamu dapatkan dengan mudah atau racik sendiri di rumah. Selalu jaga kesehatan dan konsumsi air minum VIT secara teratur yang bisa kamu dapatkan melalui toko terdekat atau layanan e-commerce favoritmu. Selain itu, kamu juga bisa menghubungi layanan AQUA Home Service di nomor Whatsapp 0813 8888 8873 untuk mendapatkan VIT diantar langsung ke rumahmu!


Sumber:

https://www.sehatq.com/artikel/minuman-pelancar-bab-yang-ampuh-atasi-sembelit