Pilih yang Terbaik, Kenali Perbedaan Air Alkali dan Air Mineral Biasa Berikut Ini

image article

Apa itu air alkali? Apa perbedaannya dengan air mineral biasa? Benarkah air alkali baik untuk kesehatan tubuh?

Pertanyaan-pertanyaan di atas kembali banyak terdengar, terutama di kurun waktu satu tahun terakhir ini. Hal ini wajar, sebab semua orang sedang mencari cara menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh mereka selama kondisi pandemi ini. Oleh karena itu, tulisan kali ini akan membahas lebih rinci tentang perbedaan air alkali dengan air minum biasa. Sebab tidak ada salahnya, bukan, untuk kita mengenal terlebih dahulu sebelum dikonsumsi?

Air dengan Kandungan pH Lebih Tinggi

Berbeda dengan air mineral biasa, air alkali memiliki kandungan pH yang lebih tinggi. Angka pH sendiri merupakan indikator asam-basa pada air yang dinilai dengan skala 0-14. Apabila angka pH menunjukkan 0-6 maka berarti air tersebut bersifat asam. Sebaliknya apabila angka menunjukkan 8-14 berarti bersifat basa.

Kandungan pH pada air mineral adalah 7 alias seimbang. Sedangkan, pH pada air alkali melebihi angka itu, sehingga bersifat basa. Mengapa bisa begitu? Proses pembuatan air alkali bisa berlangsung secara dua jenis: Pertama, air alkali diambil langsung dari sumber mata air yang terdapat banyak bebatuan, sehingga menyerap lebih banyak mineral dan meningkatkan pH. Kedua, terjadi proses ionisasi sehingga air tersebut memiliki kandungan kalsium, silika, potassium, magnesium, dan bikarbonat.

Karena bersifat basa, air alkali baik untuk dikonsumsi oleh orang yang mengalami dehidrasi. Saat terjadi gejala dehidrasi seperti sakit kepala dan muntah-muntah, itu berarti kadar pH tubuh sedang menjadi asam (di bawah 7), maka dengan mengkonsumsi air alkali, secara efektif kadar pH tubuh bisa kembali seperti semula. Air alkali juga mengandung oxidation reduction potential (ORP) yang berfungsi menetralisir racun dalam tubuh. Lalu pada jurnal Shanghai Journal of Preventive Medicine di tahun 2010, dinyatakan bahwa air alkali juga bermanfaat bagi penderita hipertensi, diabetes, dan kolesterol tinggi.

Melihat penjelasan di atas, jelas bahwa air alkali bisa menjadi alternatif untuk menjalankan pola hidup sehat. Walau begitu, jangan sampai kamu memilih air alkali yang belum terbukti kualitasnya. Karena alih-alih menyehatkan, hal tersebut justru berpotensi membawa penyakit.

VIT 8+, Komitmen VIT Menghadirkan Air Berkualitas Kepada Masyarakat

Setelah dipercaya di Indonesia selama lebih dari 30 tahun, VIT meluncurkan produk terbarunya dalam kategori air alkali yang dinamakan VIT 8+ (VIT Eight Plus). Produk ini kembali menguatkan komitmen VIT dalam menghadirkan air berkualitas tinggi kepada masyarakat. VIT 8+ diciptakan dari air mineral VIT yang kualitasnya terpercaya, dan diproses melalui sistem filtrasi tiga tahap. Proses tersebut diakhiri dengan ionisasi khusus yang menghilangkan ion asam dari air melalui elektrolisis.

Hadirnya produk VIT 8+ ini adalah upaya menjawab kebutuhan masyarakat akan air alkali berkualitas tinggi, dengan kemasan yang stylish, namun tetap dengan harga terjangkau. Terlebih di masa PPKM hari ini, kita harus kembali fokus menjaga kesehatan, sekaligus tetap aktif dan dinamis menghadapi rutinitas sehari-hari.

Minum VIT 8+ sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum beristirahat untuk menyeimbangi harimu. Alasannya, di pagi hari tubuh membutuhkan hidrasi yang efisien untuk memulai kesibukan dan menyegarkan diri sebelum beraktivitas. Sedangkan malam hari adalah waktu yang tepat untuk rehidrasi setelah semua cairan yang terbuang akibat aktivitas yang dijalankan.

Tertarik mencoba manfaat air alkali VIT 8+? Dapatkan di Indomaret, Alfamart, Alfamidi atau e-commerce seperti Tokopedia, Klikindomaret atau Alfagift!

Sumber: