Cara Gampang Mewujudkan Work Life Balance. Apa Rahasianya?

image article

Belakangan ini, work life balance menjadi isu yang banyak diperbincangkan oleh netizen. Banyak orang yang “lupa” atau sulit menyeimbangkan batas antara kerja dan kehidupan sehari-hari. Situasi pandemi yang kita hadapi kian memperburuk hal tersebut. Dengan anjuran untuk Work From Home (WFH) membuat kita banyak beraktivitas di rumah sehingga batas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi semakin kabur. 

Ciri-ciri orang yang mulai kehilangan work life balance adalah terganggunya hubungan sosial yang bisa berujung pada perasaan gelisah, kesepian, dan merasa rendah diri dibanding orang lain. Ketika harus berada di acara sosial pun, pikiranmu masih berisi tentang membalas email atau mengejar deadline. Tidak adanya work life balance amat berpengaruh dengan kesehatan mental kamu, bisa membuat kamu menjadi stres dan depresi, yang ujung-ujungnya juga berdampak pada kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan. Tentunya kamu tidak mau hal ini terjadi, bukan?

Lalu bagaimana menanggulanginya? Tenang… Langkah-langkahnya tidak sulit, kok! Ini dia:

  1. Manajemen waktu yang baik.
    Langkah pertama yang bisa dimulai dari diri sendiri adalah memberi batasan jelas antara kerja dan kehidupan pribadi. Biasakan untuk menentukan jam kerja, dan ketika sudah selesai, tinggalkan pekerjaan di tempat kerja. Belajar untuk mengatakan tidak pada pekerjaan yang sebenarnya masih bisa dilanjutkan di esok hari. Jika kamu bekerja dari rumah, buat ruang bekerja yang nyaman dan perlakukan ruang tersebut seperti kantor yang harus kamu tinggalkan ketika pekerjaan sudah selesai.

    Kamu juga perlu belajar untuk mengurangi kebiasaan buruk seperti menunda-nunda yang berujung pada menumpuknya pekerjaan di satu hari. Hal ini dapat membuat kehidupan pribadimu berantakan.

  2. Jika sudah terlalu berat, jangan lupa untuk minta bantuan.
    Selalu ingat bahwa hidup kamu tidak sendiri. Akan selalu ada orang yang bersedia membantumu ketika kamu merasa sudah terlalu lelah. Hindari pula kebiasaan mengambil pekerjaan yang sebenarnya belum tentu bisa kamu kerjakan. Percaya, deh, kebiasaan seperti ini bisa bikin kamu menyesal di kemudian hari.

  3. Jangan lupa melakukan hobi atau menghabiskan waktu dengan orang tersayang.
    Setelah pekerjaanmu selesai, buatlah waktu bebasmu untuk kehidupan pribadi menjadi menyenangkan dengan melakukan hobi, seperti menulis, melukis, bermusik, atau menonton film, atau menghabiskan waktu dengan orang-orang tersayang seperti pasangan atau teman dekat.

    Dengan begitu, kamu akan lebih menghargai diri kamu sendiri dan orang lain, serta tidak hilang kontak dengan mereka. Hal ini juga bisa membuatmu lebih semangat dalam menjalani esok hari. 

  4. Menerapkan pola hidup sehat.
    Apa hubungannya menerapkan pola hidup sehat dan work life balance? Faktanya, rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, istirahat cukup, dan yang tidak kalah penting memenuhi kebutuhan akan air, dapat membuat tubuh kamu tetap sehat, berenergi, dan mampu berkonsentrasi secara optimal. Kamu bisa lebih mudah membagi waktu dengan optimal sehingga baik pekerjaan maupun kehidupan pribadi dapat berjalan dengan baik.

Yap, banyak minum air nyatanya menjadi hal sederhana namun penting untuk mewujudkan work life balance. Manfaat di luar itu pun banyak sekali, seperti menjaga kesehatan jantung, pencernaan, tulang, dan sistem imun tubuh yang amat dibutuhkan di masa pandemi ini.

Pilih air minum berkualitas seperti VIT, yang telah melalui berbagai uji fisika, kimia, dan mikrobiologi,memiliki kualitas terjamin serta dan dan memiliki berbagai sertifikasi, sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain hadir dengan banyak pilihan format yang cocok untuk berbagai macam momen penggunaan, VIT juga bisa dengan mudah kamu temukan di toko, supermarket, atau ecommerce favorit kamu, lho!

Ayo mulai hidup sehat bersama VIT!


Sumber:

Copyright © VIT 2020 All Rights Reserved